Diduga Karena Packingannya Tidak Beres Sejumlah Pipa dari Truk Berhamburan di Jalan

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar, – Pipa berserakan di sekitar jembatan jln Galangan Kapal, Tak jauh dari PT IKI Makassar, Minggu (15-9-2019) sore.

Dari informasi yang diperoleh disebutkan bahwa pipa tersebut berhamburan dari atas mobil truk yang hendak menanjak di jembatan. Diduga karena cara packingnya kurang savety sehingga mengakibatkan pipa-pipa tersebut lepas dan berhamburan.

Informasi ini diperoleh saat seorang pengguna jalan bernama Uny nyaris jadi korban. Uny menuturkan jika saat itu ia tepat dibelakang truk tersebut.

“Sekitar jam 15.18 Wita, truk pengangkut pipa melaju melewati jalan dari arah pasar Pannampu menuju tol via pintu masuk Tallo, di tengah jalan yang mengarah ke galangan kapal kurang lebih 200 meter sebelum PT. iki, truk yang memang sedari tadi berada tepat didepan kendaraan saya terlihat sedikit sulit berjalan ketika akan melewati jembatan, muatan berupa pipa, memang tidak dikemas/tidak dipacking dengan baik alias hanya di ikat ala kadarnya, terlihat dari tali yang ada hanya di sisi kiri dan kanan truk, sementara muatan pipa melebihi tinggi truk, jadi pipa-pipa tersebut Iangsung berhamburan meluncur turun dan menutupi semua jalan akses dua arah dari arah Tallo dan sebaliknya, walau tak ada korban jiwa tapi pipa-pipa tersebut sempat mengenai kendaraan roda 2 ku.” Pesan Uny melalui WhatsApp.

Menurut Uny motor yang ia tumpangi pas tepat berada dibelakang truk yang dalam keadaan menanjak, akibat peristiwa itu macet sudah tidak terhindarkan.

“Perlu waktu sekitar 30 menit untuk mengatasi kemacetan itupun hanya bisa dilewati roda 2 karena banyaknya pipa yang tergeletak di tengah jalan, perlu waktu sejam hingga beres semua.” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, truk seperti ini kadang banyak ditemui karena adanya pembiaran. Sehingga beberapa diantara mereka mengemas barang seadanya apalagi jika dikejar target.

Untuk itu diimbau kepada Pemerintah atau Dinas terkait untuk menertibkan truk-truk bermasalah yang dinilai bisa menjelakakan orang lain.