Tinjau Kebakaran di TPA Antang, Wagub Sulsel Bagikan Masker

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Wakil gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, meninjau lokasi terjadinya musibah kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang, Senin (16/9).

TPA Tamangapa Antang merupakan pusat pembuangan sampah di Wilayah Kota Makassar. Musibah kebakaran melanda wilayah seluas 16,8 hektare ini pada Minggu (15/9) pada pukul 11.30 Wita. Kebakaran yang berlangsung hingga pukul 13.30 Wita mengakibatkan kabut asap tebal yang sampai di pemukiman warga.

“Dengan mengunjungi langsung TPA, saya bisa melihat kondisi di lapangan atas masalah yang ada. Memantau kondisi kemanan untuk warga sekitar karena asap. Alhamdulullah sudah dibagikan masker dan juga tim medis, pemadam sudah standby untuk pendinginan titik api.,” jelas Andi Sudirman.

Menurut Andi Sudriman, diperlukan solusi permanen dan teknologi ramah lingkungan untuk menangani persoalan sampah di wilayah ini.

“TPA ini butuh solusi yang permanen. Kita dorong kota untuk bersinergi bersama Pemprov agar terdapat solusi permanen, juga teknologi penanganan sampah yang ramah terhadap lingkungan,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Wagub mengarahkan, tanah dan sampah di wilayah yang dulunya adalah lembah ini dapat dipilah, sehingga sampah yang mencapai 800 kg setiap hari dapat terpisah dari tanah.

Pada musibah kebakaran ini, terdapat lima Sekolah Dasar, satu SMA, satu SMP, serta satu panti asuhan merasakan dampak asap kebakaran.

“Tim gerak cepat sudah dibuat untuk menangani dampak cepat akibat asap, terdapat tiga SD yang hari ini dijadwalkan libur sekolah sampai siang karena dekat dari lokasi TPA dan merasakan dampak asap yang hebat,” sambungnya.

Wagub menyarankan kepada Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) dan pengelola TPA agar pertegas larangan merokok di area TPA.

“Pengalaman dengan apa yang terjadi saat ini, kebakaran rokok bisa jadi penyebab kebakaran. Kalau bekerja jangan sambil merokok,” kata Wagub.

Selain larangan merokok, Wagub menyarankan pekerja di lokasi TPA menggunakan masker serta peralatan keamanan saat bekerja.

“Juga masker, diharapkan jangan masuk ke area TPA tanpa menggunakan masker, keamanan dalam bekerja sangat dibutuhkan. Mungkin setahun ini sosialisasi dulu. Kaos tangan dan sepatu juga contohnya, harus dijadikan pola kebiasaan bagi pekerja dan terutama untuk kesehatan masyarakat yang bekerja di wilayah TPA Tamangapa,” tutupnya.

Dalam kunjungan ini, Wagub berkesempatan mendengar aspirasi masyarakat sekita TPA Tamangapa Antang. Dalam dialog ini, masyarakat berharap TPA Tamangapa dikelola dengan baik. Salah satunya dengan normalisasi kanal.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu