Kualifikasi Piala Asia U-16 : Indonesia Libas Brunei Darussalam 8-0

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Tim nasional Indonesia U-16 masih menunjukkan ketangguhannya di kualifikasi Piala Asia-16 2020. Dalam lanjutan laga grup G, Indonesia menang dengan skor sangat telak 8-0.

Dalam laga yang digelar di Stadion Madya, Jumat (20/9), Indonesia tampil menekan sejak menit awal pertandingan. Bahkan, sesaat usai kick off Indonesia sudah nyaris unggul melalui tendangan first time Resa Aditya.

Beberapa menit kemudian, Indonesia dihadiahi penalti usai Ruy Arianto dilanggar Muhammad Syahmi Ikhwan di kotak terlarang. Raihan pun menjadi eksekutor, dan bisa melesakkan bola ke gawang Brunei. Indonesia memimpin 1-0.

Menjelang turun minum, Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 berkat gol Aditya Daffa El Haqi.

Memasuki babak kedua, Indonesia semakin meningkatkan serangan. Hasilnya, enam gol berhasil dilesakkan anak asuh Bima Sakti ini.

Indonesia bisa menambah keunggulan di menit ke-46. Marselino Ferdinan memperbesar keunggulan lewat penalti, usai dirinya dilanggar Muhamad Aqil Ikhwan. Skor menjadi 3-0. Lalu ada Faizal Shaifullah di menit ke-61, mebuat skor berubah 4-0.

Umpan terobosan Marselino bisa diselesaikan dengan baik oleh Ruy Arianto. Kedudukan kini 5-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pesta gol Indonesia berlanjut di menit ke-68. Faizal Shaifullah mencetak gol keduanya, atau gol keenam Indonesia, memanfaatkan sodoran Raihan di depan gawang Brunei.

Di menit ke-83, Ruy Arianto mencetak gol lagi untuk Indonesia lewat sundulan, memanfaatkan umpan Faizal Shaifullah dari sisi kanan. Skor menjadi 7-0.

Empat menit berselang, gol kedelapan bisa dilesakkan Indonesia. Umpan Valeroen, yang menggantikan Raihan, bisa diselesaikan menjadi gol oleh Aditya Daffa di mulut gawang. Skor bertahan hingga laga bubar.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi pemimpin klasemen China di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (22/9).