OJK Memberikan Edukasi kepada Mahasiswa Pasca Institut Nitro

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar, – Pasca Sarjana Institut Bisnis & Keuangan Nitro Melaksanakan Kuliah umum yang dilaksanakan di lantai empat aula kampus IBK Nitro Jl.Prof.Abdurrahman Basalamah No.101 Makassar. Pemateri dalam Kuliah umum ini adalah Andi Ardian ( Kepala Bagian Pengawas Pasar Modal dan Kemitraan Pengembangan Ekonomi & Keuangan Daerah Otoritas Jasa Keuangan) dengan Tema “Peran Ojk dalam Perekonomian Indonesia” Andri menyampaikan bahwa Aset Perbankan di Sulsel posisi Juli 2019 tumbuh 8,54%, disertai indikator fungsi intermediasi (LDR) yang tinggi 124,51%, dengan resiko kredit (NPL) yang masih terjaga sebesar 3,87%, sedangkan DPK Perbankan di Sulsel tumbuh tinggi 7,08% dengan nominal Rp 98,34 triliun. Adapun kredit produktif perbankan di Sulsel tumbuh 4,98% dengan share 54,60% dari total kredit sebesar Rp 123,53 triliun.

Selanjutnya Andri juga menyampaikan tentang tingkat inklusi masyarakat terhadap produk reksadana mengalami peningkatan yang tercermin dari jumlah rekening investasi tumbuh tinggi 73,73% dengan nilai transaksi saham di Sulawesi Selatan posisi Juli 2019 sebesar Rp 6,84 triliun. Sedangkan tugas dan tanggung jawab Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah mengatur, mengawasi dan melindungi.

Lebih lanjut Andri juga menyampaikan tentang langkah preventif dan represif OJK terkait Fintech P2P Illegal yaitu, menghimbau masyarakat agar hanya bertransaksi melalui fintech peer to peer lending yang terdaftar di OJK (masyarakat dapat mengecheck fintech yang terdaftar melalui web OJK), Mengimbau masyarakat untuk melaporkan fintech ilegal yang tidak terdaftar di OJK ke Bareskrim Polri, Menghimbau perusahaan fintech untuk daftar ke OJK dan ijin produk yang ditawarkan harus mendapat izin dari otoritas produk tersebut., Mengajukan blokir website dan aplikasi secara rutin kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan selanjutnya akan dilakukan secara otomatis oleh Kementerian Kominfo. Per Februari 2019, kami bersama Kominfo dan anggota satgas waspada investasi lainnya telah menutup 991 entitas Fintech P2P ilegal., Menyampaikan laporan informasi kepada Bareskrim Polri untuk proses penegakan hokum dan OJK bersama asosiasi membangun dan menegakkan standar pengawasan berbasis market conduct yang menekankan fungsi perlindungan konsumen.

Acara ini dibuka Oleh Prof.Dr.H.Marsuki,.DEA (Rektor IBK Nitro) dan dihadiri oleh para Civitas akademika IBK Nitro dan Mahasiswa Pasca Sarjana IBK Nitro. Dalam sambutannya Marsuki menyampaikan tentang keterlibatan IBK Nitro Selama ini dalam memberikan Edukasi tentang Inklusi Keuangan, yang tentunya harus saling memberikan support dari semua mitra termasuk OJK.