Program PKM Dosen Fakultas Ekonomi UNM di Dusun Lengkese

Editor : Fahmi

Online24, Makassar – Dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi pada aspek Pengabdian, dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Pengabdian tersebut berbentuk pelatihan usaha ekonomi produktif yang dilaksanakan pada Hari Minggu (11/9/2019).

Tim PKM UNM yang diketuai oleh Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin, SE., MMktMgt. dan beranggotakan M. Ikhwan Maulana Haeruddin, PhD

Pelatihan yang mengangkat Tema “Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Berbagai Kerajinan Tangan di Dusun Lengkese, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa”.

Pelatihan ini bertujuan agar peserta memahami arti pentingnya pengolahan limbah plastik yang ada di sekitar mereka dan dapat dijadikan upaya untuk merubah paradigma masyarakat di pedesaan bahwa sumber pendapatan itu dapat bersumber dari potensi lokal di lingkungan sekitar.

Melalui program pelatihan ini, tim pengabdian menawarkan mata pencaharian alternatif yang dapat meningkatkan pendapatan/penghasilan penduduk, dan juga sekaligus sebagai salah satu upaya mengatasi pencemaran lingkungan, dengan cara pengolahan limbah plastik (pemanfaataan secara maksimal) untuk menjadi kerajinan tangan yang dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai wirausaha.

Selama ini sumber limbah dari hasil pembuangan sampah rumah tangga hanya dibiarkan terbuang percuma ke lingkungan tanpa pengolahan, ternyata jika diolah dengan baik bisa bermanfaat dan mendatangkan keuntungan yang besar bagi masyarakat.

Adapun hasil kerajinan tangan yang dihasilkan dari kegiatan pengolahan limbah plastic ini antara lain ornament berbentuk bunga, keranjang plastik, dan pot bunga dari botol plastik.

Menurut salah satu peserta pelatihan, Syafruddin, “pelatihan ini sangat membantu beliau dalam hal menambah pendapatan keluarga”. Sejalan dengan itu, peserta pelatihan lainnya, H. Rusdi yang kesehariannya berprofesi sebagai pengepul barang-barang bekas menyatakan bahwa pelatihan ini menambah pengetahuan beliau, terutama bagaimana cara menambah nilai ekonomi suatu barang yang bahan awalnya merupakan limbah rumah tangga yang tidak bernilai apa-apa.

Ketua Kelompok UKM Dusun Lengkese, Drs. Kamaruddin, selaku mitra kegiatan PKM ini menyatakan bahwa secara umum para peserta merasa puas dengan kegiatan ini dan berharap akan ada tindak lanjut dari kegiatan ini di waktu mendatang.