Employee Volunteer PermataBank Menebar Edukasi Literasi Keuangan Serentak di 50 Kota Melalui CERITA

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Jakarta, – PermataBank kembali menggelar “CERITA Permata” (Cinta & Empati daRI kiTA), sebuah penggerak aksi sosial PermataBank yang ditujukan untuk menebar literasi keuangan serempak di 50 kota, melibatkan lebih kurang 3.000 Employee Volunteers (EVO) sejak pertama kalinya diadakan empat tahun yang lalu. Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dibawah CSR PermataHati ini ditujukan kepada siswa-siswi sekolah binaan termasuk sekolah luar biasa di seluruh Indonesia dengan menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, dan komunitas sekolah. Kegiatan ini sejalan dengan misi OJK sebagai penggagas “Bulan lnklusi Keuangan” yang bertujuan untuk mewujudkan akses dan literasi keuangan yang lebih luas bagi semua golongan masyarakat. Di tahun ini selain menambahkan pengetahuan perbankan syariah di beberapa kota, PermataBank juga memperluas area jangkauan dengan mengikutsertakan 7 kota baru yang tersebar dari wilayah barat sampai timur seperti Jambi, Palembang, Cirebon, Semarang, Balikpapan, dan Manado diantara 50 kota lainnya.

Salah seorang Volunteer PermataBank saat memberi edukasi keuangan di kelas.

CERITA Permata merupakan salah satu wujud aktif Employee Volunteerism dari karyawan dan direksi PermataBank untuk terjun Iangsung secara serentak di 50 kota dan menyampaikan edukasi literasi keuangan kepada para generasi penerus bangsa yang ada di TK sampai SMA / SLB. AJI Indonesia bersama para jurnalis anggotanya juga turut berpartisipasi sebagai volunteer untuk berbagi inspirasi jurnalistik di beberapa kota strategis CERITA Permata. Dengan MODuI FinansiAL (MODAL), sebuah kurasi materi edukasi literasi keuangan yang mudah, komprehensif, serta sesuai dengan tingkatan usia dan kemampuan, para EVO secara aktif memaparkan ilmu interaksi mereka yang didapat sebagai salah satu hasil bimbingan menjadi relawan di PermataBank.

”Sampai saat ini CERITA telah menggugah semangat lebih dari 3.000 karyawan termasuk seluruh jajaran Direksi PermataBank untuk berpartisipasi sebagai EVO dalam upaya kami untuk mengedukasi melalui literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat. Program CERITA Permata ini juga semakin inklusif dengan melibatkan employee volunteerism di sekoiah-sekolah luar biasa bersama anak-anak penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. Dengan demikian jangkauan penyebaran edukasi literasi keuangan akan semakin meluas dan berkelanjutan serta akan terus ditingkatkan tiap tahunnya.” jelas Ridha D.M Wirakusumah, Direktur Utama PermataBank dalam sambutannya.

Menemani Ridha Wirakusumah Direktur Utama PermataBank dan para EVO PermataBank, turut berpartisipasi dalam CERITA Permata tahun tini: Duma Riana Direktur Manajemen Strategis, Edukasi Perlindungan Konsumen & Kemitraan Pemerintah Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Luctor Etemergo Tapiheru Deputyi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I Dhien TjahajaniDirektur Hukum & Kepatuhan, Darwin Wibowo -Direktur Wholesale Banking, Lea Kusumawijaya Direktur Keuangan, Abdy Salimin Direktur Teknologi dan Operasional, Djumariah Tenteram Direktur Retail Banking, Herwin Bustaman Direktur Unit Usaha Syariah, Dayan Sadikin Direktur Human Resources PermataBank, Pejabat OJK dan Bl setempat. Mereka disambut oleh Kepala Sekolah, Bapak & lbu Guru serta para siswa/i di 50 TK/SD/SDLB/SMP di kota-kota terpilih tahun ini: Bekasi, Karawang, Jakarta, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Garut, Purwakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Klaten, Kudus, Purwokerto, Semarang, Solo, Tegal, Yogyakarta, Banyuwangi, Bojonegoro, Jember, Jombang, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Surabaya, Tulungagung, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado, Kendari, Palu, Batam, Binjai, Medan, Padangsidempuan, Pekanbaru, Sudirman Padang, Tanjung Pinang, Lubuk Pakam, Jambi, Lampung, Palembang, dan Tangerang.

Eddie Sajoga Head, Network PermataBank mengatakan, ”Dengan keberadaan 317 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, PermataBank tidak hanya menjadi panduan layanan perbankan masyarakat namun juga sebagai wadah zinteraksi nasabah dan komunitas. Termasuk memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar melalui kegiatan-kegiatan yang juga melibatkan para karyawan, salah satunya dengan kegiatan CERITA Permata ini.”

Inisiatif CERITA Permata dan gerakan EVO merupakan rangkaian program CSR PermataHATl, sebuah upaya tanggung jawab sosial PermataBank untuk mendorong edukasi literasi keuangan terhadap anak usia sekolah, guru, dan penyandang disabilitas. PermataHATl telah berjalan sejak tahun 2010 dan mempunyai program-program unggulan seperti CERITA Permata, PermataBankir Cilik, PermataBRAVE (Because eveRyone is Able and creatiVE), Permata Youthpreneur, dan Guruku Permataku