Temui Para Petani Program READSI, Ini Pesan Bupati Indah

Editor : ahmad amiruddin

Online24, Masamba – Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Initiative (READSI) merupakan salah satu bagian dari program Kementerian Pertanian yang mendukung terwujudnya Visi Pembangunan Pertanian yaitu tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatnya kesejahteraan petani serta mendukung suksesnya program regenerasi petani.

“Olehnya itu dalam rangka memperkuat sinergi dan koordinasi antar mitra dan stakeholder di lapangan, program ini juga mempunyai banyak komponen selain diharapkan bisa memperkuat kelembagaan petani juga bisa menumbuhkan regenerasi petani, dan alhamdulillah tahun ini Luwu Utara bekesempatan menjalankan program ini,” ungkap Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat membuka acara temu lapang tani program READSI yang berlangsung di Lapangan Desa Arusu Kecamatan Malangke Barat, Rabu (09/10/2019).

Indah menambahkan Program READSI, juga diharapkan mampu membangun rasa percaya diri melalui pemanfaatan sumber daya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian.

“Tujuan utamanya adalah pemberdayaan rumah tangga, baik secara individu maupun kelompok yang di harapkan nantinya meningkatkan kesejahteraan petani beserta keluarga,” jelasnya.

Sasaran program READSI adalah petani, termasuk Petani miskin yang aktif dan memiliki sumberdaya (lahan, dll) yang berpotensi untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan bantuan program, petani aktif dan memiliki potensi sebagai ‘agen perubahan’ untuk memotivasi petani lainnya terutama kelompok miskin dan memperbaiki penghidupannya, Petani yang tidak memiliki lahan, petani pemilik lahan sempit dan kepala keluarga perempuan yang akan dilibatkan secara langsung dalam usaha pengembangan lahan pekarangan, nomfarm, kegiatan perbaikan gizi dan kegiatan pengelolaan keuangan.

Luwu Utara harus menjadi contoh keberhasilan program READSI, olehnya itu Saya tekankan agar Kelompok yang menerima program adalah mereka yang benar-benar siap, bukan hanya sekedar mau.

“Giliran ada program semua mau maju,giliran evaluasi semua hilang,” tegas Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dalam Laporannya menyampaikan Bahwa Untuk Program READSI di kecamatan Malangke Barat itu menyasar empat desa.

Keempat Desa tersebut yaitu Arusu, Pembuniang, Waetuo dan Baku-Baku dengan total 28 kelompok penerima manfaat untuk komoditi jagung, kakao, buah (jeruk dan durian) serta pemanfaatan pola pekarangan.

Pada kegiatan ini selain Bupati Luwu Utara, Turut hadir juga project manager READSI Provinsi Sulsel Ashar, Kadis TPHP Armiadi, Kadis Peternakan Adriani, serta unsur Forkopimcam.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu