Bagian Organisasi Lakukan Pendampingan Standar Pelayanan Publik Tiga Perangkat Daerah

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Luwu Utara — Tiga Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara mendapat pendampingan penginputan secara terpadu Standar Pelayanan Publik (SPP), Selasa (22/10/2019), di Warkop Indah Kantor Bupati Luwu Utara. Pendampingan dilakukan Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Sekretariat Daerah (Setda) Lutra.

Tiga PD tersebut masing-masing Disdukcapil, DPMPTSP dan RSUD Masamba. “Ini dalam rangka pelaksanaan amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta PermenPAN-RB Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional,” ujar Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur, Muhammad Hadi.

Muhammad Hadi mengatakan, semua jenis layanan yang ada di PD tersebut harus diinput bersama standar layananannya yang mencakup 14 hal, seperti syarat, prosedur, biaya, dan waktu penyelesaian yang sudah dibakukan sebelumnya berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2009. “Ini penekanan KemenPAN-RB saat Rapat Monitoring kemarin di Makassar,” kata Hadi.

Bagian Organisasi, kata Hadi, adalah penanggungjawab sekaligus Admin Instansi SIPP yang melakukan upaya percepatan penginputan SPP. “Perlu diketahui, penginputan SPP di aplikasi SIPP untuk memberikan aksesibilitas kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi pelayanan publik serta menjamin keakuratan informasi pelayanan publik,” jelasnya.

Masih kata dia, masyarakat yang membutuhkan informasi layanan di tiga PD tersebut nantinya tidak lagi harus datang ke tempat layanan, tapi cukup mengakses Aplikasi SIPP Kemenpan RB untuk dapat mengetahui layanan tiga PD tersebut. “Insya Allah penginputan akan kita kembangkan ke beberapa PD lainnya, termasuk, kecamatan, desa/kelurahan,” tandasnya. (LH)