SMA 5 dan SMP Athirah Juara Lomba Aritmatika UIN Alauddin

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Ajang Kreativitas Matematika (Aritmatika) 2019 yang digelar oleh HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddinbaru saja tuntas. SMA Negeri 5 Gowa dan SMP Athirah berhasil menjuarai lomba matematika ini. Lomba yang diikuti siswa SMP dan SMA sederajat se-Sulselbar ini digelar di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Somba Opu, Gowa, Sabtu-Minggu (26-27/10).

Ketua Panitia, Muhammad Baqi mengatakan, kegiatan tahunan HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin ini diikuti sebanyak 68 tim pada tingkat SMP dan 72 tim SMA.

“Tim-tim tersebut adalah hasil seleksi dari 25 kabupeten/kota se-Sulselbar,” ujarnya, Minggu (26/10/2019).

Sementara itu, Ketua HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar, Fahmi mengungkapkan, ajang ini diselenggarakan untuk menggali minat dan bakat siswa.

“Tujuan dari kegiatan ini tergambarkan pada tema kegiatan yakni mengeksplorasi kemampuan matematika untuk mewujudkan generasi edukatif, kompetitif, berkarakter, dan berintegrasi bersama Aritmatika,” katanya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin, Nursalam S Bintang mengapresiasi kegiatan mahasiswanya. Ia berharap, melalui kegiatan ini, jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin bisa lebih dikenali siswa dan jadi kampus tujuan saat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Berikut daftar juara Aritamtika tahun 2019:

Tingkat SMA
Juara 1: SMAN 5 Gowa
-Achmad Fajri Sudrajab
-Nuzulul Qadr TSP
Juara 2 : SMAN 1 Pinrang
-Muh. Haikal Maulana Al Adrusi
-Siti Tesya Munifa
Juara 3 : MAN Insan Cendekia Gowa
– Thariq Muabbad
– Akhmad Zacky Musammil

Tingkat SMP
Juara 1: Tim Mandiri ( SMP Islam Athirah 1 Makassar)
– Andi Pangeran Maulana Ibrahim
– A. Nurul Aqeela Amin
Juara 2: SMPN 6 Makassar
– Muhammad Ibaadi Ilmi
– Isao Urdha Taqwa
Juara 3: SMP Islam Athirah 1 Makassar
– Audwi Putri Revania
– Andi Muhammad Fajril Pratama Subhan