Kekeringan di Barukang Utara, Basnas Kota Makassar Gelar Program Zakat Community Development

Editor : Muh. Idris
Penggalangan dana yang dilakukan Basnas Kota Makassar, di Pantai Losari
Penggalangan dana yang dilakukan Basnas Kota Makassar, di Pantai Losari

Online24jam, Makassar, – Kemarau berkepanjangan mengakibatkan beberapa daerah di Kota Makassar mengalami kekeringan. Salah satunya di wilayah Jln Barukang Utara, Kel. Cambayya, Kec. Ujung Tanah. Medan yang sulit dijangkau pengadaan air bersih pun membuat warga disekitar daerah tersebut susah mendapat air.

Menyikapi kondisi itu, pihak Basnas Kota Makassar menggelar aksi donasi untuk air bersih di jln Penghibur Pantai Losari, Minggu, 27-10-2019. Dalam aksi tersebut mereka meminta setiap warga yang melintas untuk menyisihkan uang mereka guna membantu saudara-saudara kita yang mengalami krisis air di Kec. Ujung Tanah.

Junaedi Kordinator Relawan Basnas Wilayah Makassar, mengatakan rencananya tanggal 3 November 2019 nanti, pihaknya akan menggelar bakti sosial Program Zakat Community Development yang menangani masalah-masalah dengan orang yang tidak mampu khususnya dipersoalan Kesehatan, lingkungan dan pendidikan.

“iya disana memang mereka mengalami krisis air bersih. Apalagi semenjak musim kemarau ini. Disertai kondisi yang sangat panas. Jadi kami berinisiatif untuk menggelar kegiatan disana.” ujar Junaedi.

Menurutnya, daerah disana kumuh dan kekeringan karena mengalami krisis air bersih sudah sejak lama. Orang-orang di wilayah tersebut kesulitan mendapat air bersih. Mereka bahkan harus berjalan 2 km dan membawa gerobak untuk mendapatkan air.

“jadi kami mendatangi mereka untuk membawakan air bersih. Salah satunya dengan cara mencari donasi bantuan untuk membeli air bersih yang akan dibawa kesana.” tambahnya.