IBK Nitro Laksanakan EduCenter Workshop dan Capacity Building Bersama HSBC

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar, – HSBC eduCenter Workshop & Capacity Building dilaksanakan di IBK Nitro, di Jl.Racing Centre No.101 Makassar, Senin, (28/10/2019).

Acara ini dilaksanakan selama empat hari dari tgl 28-31 Oktober 2019. Peserta yang hadir dalam Workshop tersebut adalah Pelaku UMKM, Dosen dan Mahasiswa. Rektor IBK Nitro Prof.Dr.Marsuki,.DEA,.PhD mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini, yang sebelumnya dilaksanakan hanya sehari, namun pada kesempatan ini dilkasnakan selama 4 hari.

Di Makassar IBK Nitro menjadi kampus Pilihan HSBC dalam melaksanakan keggiatan pengabdian masyarakat tersebut. Sementara itu Ahmad Murad (Deputi OJK Regional 6) dalam Sambutannya mengatakan bahwa “Fintec telah masuk dalam kehidupan kita, olehnya itu kita harus pandai dan bijak menyikapi Fintec ini,” ujarnya.

Selanjutnya Willliam Suciadi (BM HSBC Makassar) mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting, HSBC mengambil porsinya sendiri dalam melakukan pengabdian pada masyarakat.

“Siswa, khususnya di tingkat sarjana dipilih sebagai salah satu penerima manfaat utama untuk HSBC Educenter, karena mereka menjadi tenaga kerja masa depan. Karena mereka akan menghadapi berbagai peluang dan tantangan dengan munculnya teknologi dan perubahan pasar kerja menuju industri 4.0. Oleh karena itu, siswa akan dihadapkan pada program yang akan meningkatkan kemampuan kerja mereka ketika memasuki pasar kerja.” Pesan Willliam Suciadi.

Swlain mahasiswa, Dosen juga dipilih sebagai penerima, karena mereka tidak hanya mewakili diri mereka sendiri sebagai individu, tetapi juga mewakili institusi dan area mereka yang dicakup oleh jangkar kampus. Secara alami, peran dosen sudah ditentukan untuk mengajar siswa, sehingga pilar kelayakan kerja bagi mahasiswa sarjana telah secara otomatis dibahas ketika melibatkan dosen dalam program HSBC Educenter. Komunitas lokal – terutama wirausaha mikro, wirausaha baru, dan pemangku kepentingan industri keuangan mikro lokal – juga menjadi penerima manfaat dari program Educenter HSBC, karena mereka akan terlibat secara dekat dengan kampus lokal. Komunitas lokal akan memungkinkan kemampuan kerja yang lebih besar bagi mahasiswa sarjana ketika siswa melakukan magang berbasis komunitas (atau KKN / Kuliah Kerja Nyata).

Masyarakat lokal akan terkena program untuk meningkatkan kemampuan keuangan dengan tujuan akhir menyediakan keterampilan untuk meningkatkan kinerja usaha kecil dan akses ke pembiayaan dari lembaga keuangan lokal.