JRM Serap Aspirasi Masyarakat dengan Cara Tudang Sipulung

Editor : Andhika BD

Online24, Toraja – John Rende Mangontan (JRM), mengawali reses perdananya sebagai legislator DPRD Sulawesi Selatan di kelurahan Tampo kelurahan di kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Penyerapan aspirasi Ketua Komisi D DPRD Provinsi Sulawesi Selatan itu pada Selasa malam (05/10/19), yang dihadiri oleh ratusan warga dan sejumlah masyatakat Mengkendek.

JMR menyerap aspirasi warga dengan budaya tudang sipulung. Tradisi tudang sipulung telah dilakukan sejak lama oleh masyarakat Bugis Makassar dan Toraja, sebagai ruang bersama untuk bermusyawarah dan bermufakat dalam rangka mencari solusi atas persoalan yang tengah dihadapi masyarakat.

Cara ini dilakukan oleh JRM dengan duduk bersila dengan masyarakat agar terbangun rasa kekeluargaan dan masyarakat merasa tak merasa segan menyampaikan aspirasinya.

“Kalau Tudang sipulung sambil duduk bersila seperti terbangun rasa kekeluargaan dan masyarakat juga lebih santai menyampaikan aspirasinya,” kata JRM

Dari kegiatan reses tersebut berapa warga menyampaikan aspirasinya diantaranya perbaikan jalan, kebutuhan air bersih, penerangan jalan, penataan kawasan objek wisata alam Mapongka dan Kawasan air terjun.

Tak hanya itu masyarakat juga membutuhkan bantuan bantuan kelompok tani seperti pupuk, bibit, traktor dan bibit ternak babi.

Mendengar aspirasi dan usulan dari warga tersebut, Legislator Golkar itu menegaskan akan mengawal aspirasi tersebut. “Tugas saya selaku perkawakilan anda di dewan adalah menyerap aspirasi. Apa yang kita sampaikan untuk kebutuhan warga disihi, saya akan sampaikan dan usulkan ke pihak terkait dalam hal ini pemerintah, agar permasalah permasalah tersebut segera diselesaikan,” ucap JRM. (*)