BKPRMI Luwu Utara Gelar FASI, IDP : Kita Semua Adalah Santri

Editor : Andhika BD

Online24, Luwu Utara – Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) V Tingkat Kabupaten Luwu Utara resmi dibuka Bupati Indah Putri Indriani, Selasa (5/11/19) kemarin, di Sekretariat Pramuka, Masamba. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Luwu Utara bekerjasama dengan Pemda dan Kementerian Agama Luwu Utara. Kegiatan yang berlangsung dua hari ini diikuti sebanyak 282 santri TKA/TPA/TQA se – Luwu Utara.

Bupati dalam sambutannya mengaku senang dan selalu mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan. “Pada dasarnya kita semua adalah santri, terlepas dari pernah mondok atau tidak,” kata Indah. Ia menuturkan, orang yang mengaku dirinya santri, maka dia harus memposisikan dirinya dalam masyarakat seperti paku. “Filosofi paku itu kan mempersatukan yang terberai, lalu membentuk satu bangunan meski ia tak kelihatan,” imbuhnya.

Alumnus Pesantren Datok Sulaiman Palopo ini juga mengajak semua pihak untuk terus membina anak-anak santri. “Saya mengajak kepada kita semua untuk membina dan menjaga anak-anak kita, serta melestarikan tradisi santri. Sebab ini juga upaya dan doa kita menjaga daerah tetap terlindungi,” jelasnya, seraya berharap agar seluruh peserta FASI bisa menjadi santri JUARA SATU, yaitu Jujur, Arif, Ramah, Sabar dan Tulus.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Hamzah, menyebutkan, ada enam kategori lomba yang bakal diikuti para santri dari perwakilan seluruh kecamatan. Keenam kategori tersebut: (1) Tartil Alquran; (2) Adzan dan Iqamah; (3) Nasyid Islami; (4) Cerdas Cermat Alquran; (5) Menggambar; dan (6) Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia. ”Hasil FASI ini akan mewakili Luwu Utara pada FASI XI Tingkat Provinsi yang bakal dihelat pada Maret 2020 di Wajo,” kata Hamzah. (*)