Siswa SMAN 14 Makassar Belajar Lestarikan Permainan Tradisional

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Makassar, – Sehari belajar di luar kelas, Siswa SMAN 14 makassar mencoba melestarikan permainan tradisional. Mulai dari Engrang (longga longga), Main lompat (Dende bulan), Kucing-kucingan dan beberapa permainan lainya yang populer di era 90an.

Menurut Kepala sekolah SMAN 14, Nurhidaya Masri, Kegiatan tersebut merupakan sehari bermain diluar kelas untuk menginspirasi anak-anak. Sesuai instruksi dari kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kamis, 7 November 2019.

Tujuannya meningkatkan kesehatan anak, melibatkan mereka dalam pembelajaran serta mendorong keterikatan anak dengan alam. Menurut Ibu Yaya panggilan akrabnya, Bermain bukan hanya mengajarkan keterampilan penting dalam kehidupan, seperti daya tahan, kerja sama, dan kreativitas, tetapi juga merupakan hal yang pokok bagi anak untuk menikmati masa kecil mereka.

“Kegiatan ini hanya sehari sesuai instruksi dari pusat. Yakni bermain diluar kelas. Ini sangat penting karena mengajarkan pada anak keterampilan selain untuk mengingatkan pada anak permainan tradisional.” Ujarnya.

Bermain dende bulan oleh siswi SMAN 14 makassar, Kamis, 7-11-2019.

Sedikitnya ada 4 (empat) sekolah di tingkat SMAN mewakili kota Makassar. Yakni SMAN 14, SMAN 5, SMAN 3 dan SMAN 17. Permainan ini juga sangat direspon dengan baik oleh siswa sekolah yang memang selama ini sudah melupakan permainan seperti itu.

Salah satunya adalah Siti Arah Suniyah, kelas XI, Ips 1. Yang mengaku sangat senang dengan adanya permainan itu di sekolah.

“Seru mainnya karena melibatkan juga guru-guru bermain bersama siswa” Ujar Tiara sapaan akrabnya.