Dialog Lintas Agama, Upaya Tingkatkan Toleransi

Editor : Andhika BD

Online24, Pangkep – Kementrian Agama Kabupaten pangkep menggelar dialog lintas agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi, pada minggu, (10/11/19).

Kegiatan dialog lintas agama yang digelar Kemenag Pangkep tersebut bertema semangat dialog wujudkan kebersamaan dalam mengawal pangkep lebih aman damai.

Peserta yang hadir pun ada 20 orang terdiri dari berbagai kalangan tokoh lintas agama dan profesi keagamaan di wilayah Kabupaten Pangkep.

Kepala Kemenag pangkep Jamaruddin mengatakan kegiatan dialog ini bertujuan untuk penguatan komitmen kebersamaan dalam rangka mengawal pangkep khususnya menghadapi tahun pilkada pada 2020 nantinya.

“Dialog ini diharapkan ada penguatan komitmen kebersamaan yang kita inginkan, dalam rangka bagaimana mengawal pangkep lebih baik lagi, lebih – lebih lagi  menghadapi tahun pildaka pada 2020 kedepan. Makanya kita mau dengan menghadirkan 20 orang toko lintas agama dan profesi keagaman di pangkep”. Jelas Kepala Kemenag pangkep Jamaruddin.

Pada kegiatan dialog lintas agama ini juga menghadirkan 4 pemateri dari pihak Kementeian agama, Kejaksaan Negeri, Pemerintah daerah dan forum komunikasi Ummat beragama (FKUB).

“Ada 4 pemetari yang hadir yakni Kementrian agama pangkep, kajari pangkep diwakili oleh kasi intel pangkep, sementara bupati pangkep juga diwakili oleh staf ahli pemerintahan hukum dan politik serta Fkub”. Kata kemenag pangkep kepada wartawan.

Adapun inti dari Dialog ini bagaimana berkomitmen agar kebersamaan seluruh elemen dalam rangka mengawal pangkep bisa lebih baik lagi, meskipun diforum ini berbeda agama.

“Outputnya ini bagaimana berkomitmen kebersamaan kita dalam rangka bagaimana mengawal pangkep, walaupun kita berbeda agama di forum ini kita akan bangun persepsi membangun komitmen kebersamaan karena yang hadir toko agama masing – masing akan menyampaikan kepada umatnya, sementara itu perwakilan forum juga akan selalu mengawal tokoh – tokoh agama lintas agama dan profesi yang ada di kabupaten pangkep”. Tutup Kepala Kemenag pangkep.

(Achmad)

[fbcomments]