Ternyata Mesin Kawasaki Ninja RR 150 cc, Bisa untuk Pesawat, Ini Buktinya

Editor : Muh. Idris

Online24jam, Pinrang, – Chaerul warga Pinrang, Sulawesi Selatan yang heboh dan viral karena jadi bahan perbincangan setelah dirinya mampu merakit sekaligus menerbangkan pesawat rakitan jenis ultralight miliknya. Adalah bukti bahwa tidak selamanya orang yang memiliki pendidikan rendah tidak mampu berkarya.

Ia bahkan mendapat pujian dan apresiasi dari seorang pilot senior di Indonesia, yakni Captain Pilot Abimanyu Prawoto. Yang menurutnya patut mendapat apresiasi, sebab ini merupakan hasil karya anak bangsa.

“Kami rasa apa yang dilakukan oleh Chaerul, patut kita apresiasi, sebab ini merupakan hasil karya anak bangsa, bisa merakit pesawat bukan hal yang mudah, sebab membutuhkan keahlian khusus serta hitung-hitungan yang tepat, terlebih lagi jika bisa merakit sekaligus menerbangkan pesawat, itu sudah sangat luar biasa” kata Captain Abimanyu.

Chaerul merakit pesawat terbang jenis ultralight itu, hanya dengan bermodalkan barang rongsokan yang banyak ditemui di bengkel miliknya. Chaerul yang memang sehari-harinya berprofesi sebagai montir ini, gemar memodifikasi motor.

Meski hanta mengecap pendidikan kelas 3 Sekolah Dasar, tapi ia mengaku terobsesi untuk membuat pesawat terbang lantaran penasaran ingin naik pesawat.

“Saya belum pernah naik pesawat, makanya bikin sendiri,” kata dia.

Terbukti pesawat terbang yang terbuatnya ini hanya dari barang bekas seperti roda gerobak pengangkut pasir, sedangkan sayap yang terbentang di atas pesawat terbuat dari parasut bekas yang biasa dijadikan penutup mobil. Adapun mesinnya, terbuat dari mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 CC.

Dan pesawat rakitannya itu berhasil diterbangkan di Pantai Ujung Tape, Kecamatan Mattiro Sompe, Pinrang, Sulawesi Selatan.

[fbcomments]