Staf Khusus Menteri Pertanian Tinjau Kebun Porang di Bendoro Sidrap

Editor : Andhika Bd

Online24, Sidrap – Staf Khusus Menteri Pertanian Republik Indonesia Lutfi Halide berkunjung ke Bendoro, Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap, Rabu, (12/02/20).

Kunjungan Lutfi Halide untuk melihat langsung proses penanaman dan pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman porang yang diinisiasi Wakil Ketua DPRD Sulsel, H Syaharuddin Alrif.

“Kunjungan pertama saya ke lokasi tanaman porang milik kaka syahar disidrap, ini luar biasa. Lahan Kosong dikelola menjadi tanaman porang” ungkap LHD Akronim Lutfi Halide

Lutfi Halide menambahkan tanaman porang sebenarnya bukan jenis tanaman pangan yang baru di Indonesia.

“Sebenarnya, tanaman Porang sudah bertahun-tahun di tanam masyarakat. Tapi, baru kali ini, pemerintah hadir untuk meningkatkan produksi karena pasar sudah jelas,” katanya.

Ia menegaskan, Porang memiliki potensi sebagai tanaman ekspor, yang sampai saat ini bahan bakunya masih sangat kurang.

“Kita tunggu hasilnya, ini akan jadi lahan percontohan pertama di Sulawesi selatan, permintaaan porang sangat banyak namun bahan baku sangat kurang” tutup Lutfi Halide

Wakil Ketua DPRD Sulsel, H Syaharuddin Alrif yang menginisiasi komoditi Porang di Sulsel mengatakan, upaya ini dilakukan untuk merubah paradigma petani Sulsel.

“Petani kita harus berpikir, menanam tanaman pangan yang mudah dan memiliki nilai ekonomi tinggi,” katanya.

Selain di Sidrap, kata politisi Partai Nasdem itu, ujicoba penanam porang juga sudah dilakukan di beberapa daerah, termasuk Maros. (*)

[fbcomments]