44 Tahun Sanggar Merah Putih Makassar, Djamal Dilaga: Berharap Seluruh Anggota Datang Tuntaskan Dendam Rindu

banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Sanggar merah putih Makassar ( SMPM) berdiri sejak 1978. Sejak kelahirannya, SMPM secara rutin mengadakan kadernisasi yang bentuknya semacam traning bernama latar seni Latihan Dasar Kesenian (LDK). Kegiatan rutinitas tersebut diselenggarakan sekali dalam setahun atau dua tahun. Pada kegiatan semacam itulah SMPM merekrut anggota secara selektif. Hingga kini tercatat SMPM memiliki anggota kurang lebih ratusan orang. Dan telah melahirkan seniman-seniman handal tingkat nasional bahkan internasional.

SMPM dalam melakukan kreativitasnya biasanya lebih memilih tema-tema yang merebak di masyarakat pada zamannya. Aktivitas dibidang kebudayaan adalah penelitian masalah kesenian baik seni tradisi maupun seni modern. Selain aktif menyelenggarakan pertunjukan teater, tari dan musik, organisasi ini lebih memprioritaskan aktivitasnya dibidang pertunjukan teater, penelitian dan penerbitan.

Memasuki usianya yang ke 44 tahun SMPM telah dipimpin secara estafet oleh beberapa ketua antara lain: Yudhistira Skt ( pendiri), Nasran mone, Arman Dewarti, Ilham Latief, Ridwan Aco, Andri Prakarsa, Djamal Dilaga, A. Noval Makmur, Agus Linting, Irwan AR.

Koordinator Milad 44 Tahun SMPM, Ale Depp mengatakan, “Di perayaan 44 thn ini, kami coba bagi 2 sesi kegiatan yaitu : sore hari mulai pukul 15.30. Wita Reuni keluarga besar Sanggar Merah Putih Makassar dengan harapan hadir semua anggota yang ada diberbagai daerah di negeri tercinta ini.”

Lebih lanjut dikatakan bahwa anggota SMPM kini tersebar dibeberapa daerah diantaranya ada di Jakarta, Kalimatan , Ternate, Toli-toli, Gorontalo, Surabaya, Bandung. Dll. Rencananya malam harinya kegiatan pertunjukan kesenian berupa pertunjukan musik, tari pembacaan karya sastra juga ada bincang seni yang dimeriahkan oleh kelompok kesenian maupun seniman perorangan Makassar yang punya jaringan dengan SMPM antara lain UKM Seni Sangdipa Universitas Dipanegara, Sanggar Seni eSa UIN Alauddin Makassar, Wawan Mattaliu, Maysir, Damar Imanakku, dll.

Sementara, Djamal Dilaga mengatakan Kegiatan ini akan dilaksanakan di tempat yang sederhana dan alami yakni di RUMAH KECIL jalan. Pannara.

“Insya Allah kegiatan ini akan kami selenggarakan di Rumah Kecil tepatnya di jalan Pannara Lorong 100. Pada tanggal 25 Mei 2022. Tema yang diusung kali adalah “Datang Tuntaskan Dendam Rindu”. Kata Djamal Dilaga mantan Ketua Umum SMPM (2006-2009).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *