Dianggap Ulung Menjadi Negosiator,JK Terima Penghargaan Anugerah Dr Ide Anak Agung Gde Agung 

Online24, Jakarta – Wakil Presiden Indonesia ke 10 dan 12 H M Jusuf Kalla menerima Penghargaan Anugerah Dr Ide Anak Agung Gede Agung dari Yayasan Sekar Manggis di Gedung Nusantara ,Kantor Kemenlu,Jakarta,Kamis (23/01/2020).

Pemberian Penghargaan Anugerah tersebut,lantaran JK sapaan akrab Jusuf Kalla dianggap ulung dalam hal bernegosiasi dibidang perdamaian ,baik itu didalam  negeri maupun diluar negeri,Hal ini disampaikan oleh Ibu Meutia H selaku ketua tim juri.

Menurut Meutia Hatta,Anugerah Pahlawan Nasional Dr Ide Anak Agung Gde Agung  diberikan kepada individu atau tokoh yang dianggap telah memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan diplomasi Indonesia. Untuk tahun ini penerima anugerah adalah Bapak Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla.

“Penganugerahan ini telah berlangsung sekian dekade, dan tahun ini Bapak Jusuf Kalla melalui pemilihan juri telah terpilih sebagai penerima Anugerah Pahlawan Nasional Dr. Ide Anak Agung Gde Agung,” ujar Meutia Hatta

Penilaian tersebut karena peran Jusuf Kalla yang selalu menjaga perdamaian dan kedamaian di Indonesia. Jusuf Kalla juga selalu menjadi negosiator dalam permasalahan atau konflik-konflik di negara-negara lain.

Wakil Presiden ke 10 dan 12 H M Jusuf Kalla menyampaikan terima kasih atas pemberian penghargaan yg diberikan kepadanya.

Jk mengatakan,Dalam Bernegosisasi untuk menyelesaiakan suatu konflik,harus memahami permasalahan karakteristik kedua belah pihak dan tidak boleh salah satu pihak ada yang kehilangan muka.Selain itu kita juga harus berani dan tegas,agar disegani.

Ia mencontohkan salah satu konflik yg diselesaikannya adalah Aceh.Dalam proses perdamaian aceh,dirinya banyak membaca buku tentang Aceh untuk mengetahui budaya orang Aceh.sehingga dengan mudah menyelesaikan.

Sementara itu,Penyerahan Penghargaan Dr Ide Anak Agung Gede Agung diserahkan langsung oleh Pembina Yayasan Sekar Manggis Anak Agung Gede Agung.Turut Hadir Dalam acara Penghargaan Anugerah tersebut Wamenlu Mahendra Siregar,Menteri Agraria Sofyan Jalil,Mantan Wamenlu Muhammad Fachir,Mantan Menkominfo Rudiantara,Mantan Menlu Alwi Shihab

Dr. Ide Anak Agung Gde Agung adalah ahli sejarah dan tokoh politik Indonesia. Pria asal Bali kelahiran 24 Juli 1921 ini juga berposisi sebagai raja Gianyar, menggantikan ayahnya Anak Agung Ngurah Agung. Anaknya, Anak Agung Gde Agung, adalah Menteri Masalah-masalah Kemasyarakatan pada Kabinet Persatuan Nasional (*)