Mahasiswa Pertanian Unila Gelar Lapak Buku Gratis

banner 468x60

Online24jam, Lampung, – Sekumpulan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lampung menggelar lapak buku gratis di Pelataran Lapangan sepak bola Unila. Selasa (18/02/2020).

Penggiat Literasi, Wildan Hanafi mengatakan, kegiatan ini di gelar bertujuan untuk meningkatkan minat baca, khusunya untuk mahasiswa Unila dan juga masyarakat Bandar Lampung yang berkunjung ke Pelataran Unila.

“Pemilihan lokasinya kita pilih di sini karena tempat ini salah satu pusat keramaian yang memungkinkan menggugah para pengunjung untuk membaca buku”, Ujarnya, Rabu (19/02/2020).

Lanjut Wildan, menurut Kompas.com, penelitian yang dilakukan organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan PBB (UNESCO) pada 2016 terhadap 61 negara di dunia menunjukkan kebiasaan membaca di Indonesia tergolong sangat rendah.

Penyebab rendah minat dan kebiasaan membaca itu antara lain kurangnya akses, terutama untuk di daerah terpencil. Hal itu merupakan salah satu yang terungkap dari Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kegiatan membaca saat sudah mulai berkurang, sehingga kami hadir untuk mengembalikan budaya literasi di masyarakat dan mahasiswa, khususnya Unila”, terang Wildan.

:Jadi kegiatan membaca buku ini agar tidak hilang ditelan zaman, saya bersama teman saya membentuk sebuah komunitas membaca”, sambungnya

Terlepas baca buku gratis, juga ada kajian-kajian mengenai permasalahan yang ada di kampus maupun di Provinsi Lampung khususnya.

Penulis: Vera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *