Inpiratif, Mahasiswa Universitas Hasanuddin Asal Takalar Ini Wakili Indonesia pada Forum Internasional

banner 468x60

Online24jam, Makassar, – Mengikuti kegiatan Internasional tentunya menjadi impian setiap pemuda, tak ketinggalan Miftahul Karima, Pemuda Asal takalar yang pada tahun lalu baru menjadi mahasiswa 2019 Universitas Hasanuddin pada jurusan Ilmu Politik.

Ditahun awal tahun 2020 tepatnya, impian Mifta mengikuti mewakili Indonesia akhirnya tercapai, ia menjadi salah satu delegasi dikegiatan Asia Youth International Model United Nations (AYMUN) yang dilaksanakan pada 15-18 Februari 2020 di Kuala Lumpur, Malaysia megalahkan ribuan pendaftar lainnya.

AYMUN merupakan konferensi tahunan di mana para pemimpin muda dari seluruh dunia duduk bersama dalam sebuah majelis yang disebut rapat sesi dan masing-masing memainkan peran sebagai diplomat yang mewakili negara tempat mereka ditugaskan. AYIMUN tahun ini adalah konferensi keempat yang diadakan setelah AYIMUN pertama di Kuala Lumpur, Malaysia (2017), AYIMUN kedua di Bangkok, Thailand (2018) dan AYIMUN ketiga di Malaysia (2019). Pada kegiatan ini Mifta memainkan peran diplomasi untuk negara Burundi, salah satu negara di Afrika Timur serta pada sesi lainnya ia ditugaskan menjadi Komite UNICEF.

Berbagai manfaat yang dirasakan Mifta dan delegasi lainnya setelah mengikuti kegiatan ini seperti melatih berbagai softskill, belajar menjadi diplomat dan tentunya mendapatkan relasi baru dari pemuda di berbagai dunia. Hal ini sejalan dengan diutarakan Mifta “Kegiatan ini sangat luar biasa khususnya bagi seorang pemuda yang memiliki mimpi besar seperti saya, kita belajar bagaimana menjadi seorang diplomat untuk negara kita dan bernegosiasi dengan negara lain dalam mencapai kesepakatan. Kita juga bisa melihat dunia dari sini karena saling bertukar cerita dan memperkenalkan budaya masing-masing”.

Miftahul Karima (kedua dari kanan) berfoto bersama mahasiswa dari mancanegara.

Sosok Mifta memang sangat menginspirasi, pada tahun tahun sebelumnya ketika masih berstatus palajar, Mifta merupakan pelajar yang aktif dengan berbagai kegiatan baik Setingkat Provinsi maupun Nasional, salah satunya pernah menjadi delegasi Integrity Youth Adventure dan menjadi Agen Pelajar Integritas Indonesia, hingga kini ia menjadi sosok inspiratif dikalangan pemuda di Takalar. Hal ini dibenarkan oleh Rusdi Sammeng Kepala Dinas pendidikan takalar yang sempat melepas keberangkatan Mifta ke Malaysia pekan lalu.

”Saya bangga dengan mifta yang dapat mewakili Indonesia pada kegiatan tingkat internasional, semoga dapat menginspirasi pemuda lainnya di Indonesia khususnya di takalar”,ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *