Luwu Utara Siap Jadi Tuan Rumah Porda Provinsi Sulsel

Online24, Luwu Utara – Pernyataan menarik disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat menghadiri Pelantikan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Luwu Utara Periode 2020 – 2024. Di hadapan Ketua KONI Provinsi Sulawesi Selatan, Ellong Tjandra, Indah Putri Indriani menyatakan kesiapan Luwu Utara menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Provinsi Sulawesi Selatan pada 2026 mendatang.

Sekadar diketahui, event olahraga multicabang empat tahunan ini akan dilaksanakan pada 2022 mendatang. Sinjai dan Bulukumba akan menjadi tuan rumah bersama. “Jika diberi kesempatan dan kepercayaan, Luwu Utara siap menjadi tuan rumah Porda yang akan datang,” tutur Bupati Indah Putri Indriani. Apalagi, kata dia, infrastruktur olahraga di Luwu Utara juga sudah memadai, dan bisa dijadikan venue beberapa cabang olahraga.

Bukan itu saja, Bupati perempuan pertama di Provinsi Sulawesi Selatan ini semakin yakin Kabupaten Luwu Utara akan mendapatkan dukungan dari beberapa daerah di Sulsel, khususnya daerah yang ada di Tana Luwu. “Dengan hadirnya Ketua KONI Luwu, KONI Luwu Timur dan KONI Kota Palopo di acara Pelantikan KONI Luwu Utara, maka akan semakin menguatkan dukungan terhadap Luwu Utara. Kami meyakini itu,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua KONI Sulsel, Ellong Tjandra, mengaku bangga terhadap sinergi dan kolaborasi yang terbangun, khususnya para KONI se-Tana Luwu, yang semuanya hadir dalam Pelantikan Pengurus KONI Lutra. “Saya sudah keliling melantik KONI di beberapa daerah, tapi baru kali ini saya dapati ada Pengurus KONI dari daerah tetangga yang hadir. Bahkan ada tiga Ketua KONI yang hadir. Saya kira ini pertanda baik,” kata Ellong.

Ia pun berharap kepada Ketua KONI Lutra yang baru agar membangun sinergi dan kolaborasi karena hanya dengan sinergi dan kolaborasi, prestasi olahraga dapat diwujudkan. “Semoga KONI Luwu Utara, yang didukung penuh oleh Bupati  Indah Putri, dapat berkontribusi lebih baik lagi, utamanya dalam menciptakan prestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional, karena KONI ini adalah rumahnya cabang olahraga. Selamat bekerja,” pungkasnya.

Sementara Ketua KONI Luwu Utara, Hamrullah Dhuha Saymar, mengatakan bahwa KONI Luwu Utara masih menyimpan banyak PR yang harus diselesaikan. Salah satunya, sebut dia, adalah bagaimana KONI bisa menciptakan prestasi di berbagai event multicabang  olahraga. “Luwu Utara adalah salah satu gudangnya atlet berprestasi. Dan kita yakin, dengan dukungan teman-teman semua, Luwu Utara bisa berprestasi,” tegasnya. Bahkan tidak hanya berprestasi, Uje juga menyatakan kesiapan Luwu Utara menjadi tuan rumah Porda mendatang.

Selain Bupati dan Ketua KONI Sulsel, turut hadir dalam acara ini, Anggota DPR-RI Muhammad Fauzi yang juga Ketua Perbakin Luwu Utara, Kapolres Luwu Utara AKBP Agung Danargito, mantan Sekda Luwu Utara Abdul Mahfud yang juga ketua salah satu cabang olahraga, Sekretaris KONI Sulsel, Bendahara KONI Sulsel, Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Lutra, serta tamu undangan lainnya. (*)