Pemkot Makassar akan Terapkan PSBB, Iqbal Suhaeb; Berharap Gowa Maros Juga

Online24jam, Makassar, – Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan difokuskan terlebih dahulu di Kota Makassar. Alasannya, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi titik episentrum penularan wabah Covid-19.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, M Iqbal Suhaeb, berharap Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros juga ikut menerapkan PSBB tersebut. Sebab, kata Iqbal, penerapan PSBB di Kota Makassar baru akan efektif jika dua kabupaten tetangga tersebut ikut menerapkan pembatasan serupa.

“Kami berharap ini bisa terintegrasi di Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros, karena ini menjadi satu kesatuan. Orang yang bekerja di Kota Makassar, banyak dari Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros. Paling bagus sebenarnya kalau diberlakukan sama di Kota Makassar,” ungkap Iqbal.

Usulan penerapan PSBB di Kota Makassar sendiri sudah disetujui oleh Kementerian Kesehatan. Selanjutnya, akan diterbitkan Peraturan Walikota (Perwali) untuk mengatur pelaksanaannya.
Sebelum PSBB diterapkan, terlebih dahulu akan dilakukan sosialisasi. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan bekal logistik kepada masyarakat di wilayah yang menjadi prioritas isolasi nantinya.