Dewan Harap Program Pembangunan Jalan Terealisasi

Online24jam, Makassar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar kembali mengingatkan ke Pemerintah Kota Makassar terkait program pembangunan jalan di tahun ini. Apalagi, tahun sebelumnya program tersebut tidak terealisasi. Hal itu-pun telah menjadi catatan perencanaan anggaran APBD 2020.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Makassar, Abdi Asmara, mengatakan, ada beberapa poin yang menjadi usulan Banggar yang dimasukkan dalam APBD 2020. Salah satunya program pembangunan jalan serta pembebasan lahan.

“Kita coba lakukan beberapa usulan karena berkurangnya anggaran sehingga perlu ada penyesuaian. Usulannya yang kami minta adalah program pembangunan jalan, karena belum ada realisasi kinerja untuk tahun sebelumnya. Termasuk belum ada pembebasan lahan untuk kegiatan penambahan ruas jalan,” ungkapnya, Senin (18/5).

Legislator Fraksi Demokrat Makassar ini menambahkan, kemungkinan disetujuinya berkisar 50 persen, namun hal tersebut menjadi catatan penting yang bakal diusulkan di APBD 2020. Olehnya itu, beberapa persiapan dokumen dan lahan harus segera diselesaikan pemerintah kota untuk menrealisasikan program tersebut.

“Ini harus menjadi catatan dalam hal perencanaan anggaran di tahun berikutnya, termasuk menyiapkan dokumen perencanaan pengadaan lahan sejak awal perencanaan anggaran,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Andi Pahlevi, menambahkan, untuk merealisasiman beberpa program pembangunan dan infrakstruktur sangatlah sulit dilakukan. Namun dirinya berharap, dari beberapa usulan ada bantuan dana yang bisa diberikan oleh pusat.”Memang tidak mungkin seluruh usulan dapat terealisasi, mengingat kondisi keuangan pemerintah saat ini sangat terbatas. Meski demikian kami berharap bahwa usulan yang kami sampaikan tersebut dapat menjadi prioritas dan mendapat bantuan dana dari pusat,” tuturnya.

Ia menambahkan, program pembangunan jalan dapat dijadikan pertimbangan saat membahas anggaran dengan mitranya untuk dapat dialokasikan baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun alokasi yang bersumber dari APBN