Pasca Banjir di Bantaeng Brimob Polda Sulsel Bersihkan Rumah Warga dan Fasilitas Umum

Personel Satbrimob Polda Sulsel bersama Personel Kodim 1410 Bantaeng, membantu warga membersihkan jalan yang dipenuhi lumpur (Ist)

Online24, Bantaeng – Personel Satbrimob Polda Sulsel bersama Personel Kodim 1410 Bantaeng, membantu warga membersihkan jalan yang dipenuhi lumpur pasca banjir bandang yang melanda beberapa Kecamatan di Wilayah Kabupaten Bantaeng. Salah satunya di Jalan Manggis Kelurahan Tappajeng Kecamatan Bantaeng, Minggu (14/06/20).

Bencana Banjir akibat curah hujan tinggi di dataran tinggi Bantaeng, akibatnya Sungai Calendu dan Cekdam Balang Sikuyu meluap yang mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir, namun saat ini seluruh wilayah Kabupaten Bantaeng sudah surut dari banjir. Bakti Sosial yang melibatkan ratusan personel gabungan TNI Polri, BPBD Kab Bantaeng, Relawan dan Masyarakat sekitar.

Sejak pagi hari, personel gabungan dan para warga yang dipimpin Komandan Batalyon A Pelopor ( Danyon )AKBP Darminto membersihkan bekas genangan air dan lumpur sisa banjir. Selain itu juga mem¬bersihkan puing puing rumah warga yang berserakan terseret arus.

AKBP Darminto mengatakan, Personel Satbrimob Polda Sulsel sudah dibagi kebeberapa titik untuk memudahkan pembersihan diantaranya Pasar Baru, Pusat – pusat pertokoan dan lorong sunyi. kehadiran anggotanya di lokasi pasca banjir tidak lain untuk melaksanakan kegiatan kemanusiaan, selain membersihkan rumah warga personel gabungan ini juga membersihkan beberapa masjid yang ikut terendam bajir, kegiatan ini sebagai bentuk Bhakti Brimob Untuk Masyarakat..

“kegiatan pembersihan kali ini difokuskan mengangkat sisa-sisa tanah yang masih menutupi jalan utama, rumah – rumah warga dan beberapa masjid, selain personel gabungan kegiatan ini juga dibantu oleh warga sekitar, Pembersihan juga memakai alat berat untuk memudahkan proses pembersihan” Ujar AKBP Darminto

Sementara, AKBP Darminto menambahkan bahwa antusisme masyarakat Kelurahan Tappajeng dalam kegiatan bakti sosial itu sangat luar biasa.

” Mereka kompak baik sudah orang tua maupun yang masih muda saling bahu membahu bersama TNI, Polri, untuk menormalkan kembali wilayah yang terdampak bencana tersebut,” akunya.

Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis yang juga hadir dilokasi mengkonfirmasi personil Sabrimob Polda Sulsel diturunkan ke lokasi terjadinya banjir dan di bantu oleh masyarakat sekitar, mulai membantu warga membersihkan lumpur serta sampah terdapat di rumah-rumah yang terendam banjir Bandang beberapa hari yang lalu. Kegiatan ini merupakan aksi nyata Bhakti Brimob Untuk masyarakat di mana Personel Brimob harus siap selalu membantu masyarakat.

Muhammad Anis menambahkan Kegiatan Bahkti Brimob Untuk Masyarakat, membantu masyarakat dalam membersihkan sampah maupun lumpur yang saat ini menutup akses jalan umum yang sering dilalui oleh masyarakat. ”Selain membersihkan akses jalan kegiatan pembersihan fasilitas umum seperti Masjid dan sekolah-sekolah di sekitar juga dilakukan,” jelasnya.

“ Satbrimob Polda Sulsel juga sudah menyediakan Dapur Lapangan TNI Polri untuk memberikan layanan makanan kepada warga di lokasi serta memberikan layanan kesehatan. hal ini sebagai wujud nyata bhakti brimob untuk masyarakat “ Tutup Muhammad Anis. (*)