Giliran Hasil Survei Profetik Institute Tempatkan Danny-Fatma di Posisi Pertama

DP-Fatmawati

Online24, Makassar – Satu lagi lembaga survei yang menempatkan pasangan bakal calon walikota-wakil walikota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi di posisi pertama.

Kali ini lembaga Profetik Institute yang merilis temuan risetnya yang, Selasa (30/06/2020). Melibatkan 1.200 responden selama 17-26 Juni 2020 dengan menggunakan metode multistage random sampling, Danny-Fatma ditempatkan di posisi pertama.

Dari simulasi tiga pasangan yang dilakukan, jika Danny-Fatma ikut sebagai kontestan, maka elektabilitasnya berada di angka 36,4%. Disusul Munafri-Abd Rahman Bando (Appi-ARB) dengan elektabilitas 29,8% dan Ical-Fadli diurutan terakhir dengan elektabilitas 17,64%. Sisanya menentukan pilihan sebesar 16,1%.

Sementara simulasi pasangan lainnya tanpa mengikutkan Danny-Fatma, lembaga ini mengunggulkan Appi-ARB dengan elektabilitas 42,2%. Menyusul Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Ical-Fadli) dengan elektabilitas 19%, dan Irman Yasin Limpo-Yagkin Padjalangi dengan elektabilitas hanya 4%. Sebanyak 34,8% responden belum menentukan pilihan.

Direktur Profetik Institute, Muh Asratillah Senge menuturkan, survei yang dilakukan lembaganya itu, memiliki tingkat kesalahan atau margin of error sebesar 2,6%. Dari survei itu, pihaknya memprediksi jika partisipasi pemilih akan cukup tinggi.

“82 persen responden menyatakan sangat besar kemungkinan untuk ke TPS dan memberikan suaranya,” paparnya di depan wartawan di salah satu hotel di Makassar, Selasa (30/06/2020).

Diketahui, selama sepekan terakhir, tiga lembaga survei merilis temuan risetnya secara berbeda. Sebelumnya, Intelegensia Research and Consulting (IRC) dan PT General Survei Indonesia (GSI), juga menempatkan Danny Pomanto di urutan pertama.

Padahal, Danny-Fatma yang sudah mendapat rekomendasi dari Partai Nasdem belum “tancap gas” atau “gas full”. Baru sekadar memperkenalkan kepastian maju berpasangan. Terutama Fatmawati, baru akan memulai sosialisasi pencalonannya.

Sesuai hasil survei GSI yang dirilis, Minggu (28/06/2020), Danny-Fatma mengantongi elektabilitas 36,8%. Disusul Appi-ARB 32,5%, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 19,6%, dan Irman Yasin Limpo yang disimulasikan berpasangan dengan Andi Yagkin Padjalangi 3,1%.

Sementara hasil survei IRC yang dipublish, Senin (29/06/2020), Danny Pomanto stabil di posisi pertama dengan elektabilitas 27,8%. Hanya saja belum disimulasikan berpasangan dengan Fatmawati.#