Dewan Makassar Minta Anggaran Kelurahan Segera Dicairkan

Online24, Makassar – Anggota Komisi A DPRD Makassar Bidang Pemerintahan, Ari Ashari Ilham, meminta pemerintah kota segera melakukan pengembalian anggaran kelurahan hasil refocusing. Sebelumnya, anggaran tersebut akan dialihkan ke penanganan Covid-19, namun batal.

Untuk itu, DPRD Kota Makassar meminta pemerintah memepercepat realisasi anggaran tersebut.

Menurutnya, bulan ini adalah waktu yang ideal bagi pemerintah kota untuk segera melakukan pencairan mengingat waktu semakin sempit.

“Memang sulit sisa waktu empat bulan. Akhir Juli ini idealnya segera dicairkan. Kalau tiga atau dua bulan baru cair, pasti akan kerepotan,” ujar ketua Fraksi Nasdem ini.

Ari Ashari menyebut tahun sebelumnya penggunaan anggaran jauh dari kata optimal. Tahun 2019, kata dia, menjadi catatan merah lantaran cukup banyak SILPA yang dihasilkan oleh kelurahan.

Tercatat realisasi anggaran hanya mampu menyentuh Rp82,45 milliar dari Rp262,57 milliar, sehingga tersisa Rp180,11 milliar.

Ia mengatakan hal itu berpotensi kembali terulang jika tidak ada tindak cepat pemerintah dalam menyalurkan anggaran tersebut.

“Jadi semua kendala dan kekurangan tahun lalu harus dievaluasi agar tidak terulang, agar proses pencairan bisa segera dilakukan,” pungkas Ari mengingatkan. (*)