Ini Faktor Danny-Fatma Paling Berpeluang Menang Pilwalkot Makassar 2020

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Firdaus Muhammad

Online24, Makassar – Nama Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi merupakan paket pasangan paling siap menatap Pilwalkot Makassar 2020. Mempertimbangkan berbagai faktor, kalangan mengakui kandidat dengan jargon ADAMA bisa memenangkan kontestasi.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Firdaus Muhammad, menilai bahwa Pilwalkot Makassar yang berpotensi mengikutkan empat pasangan kandidat sangat menguntungkan Danny Pomanto-Fatmawati.

“Empat pasangan untungkan DP (Danny Pomanto) sebagai petahana yang memahami peta politik Makassar,” beber Firdaus kepada awak media, Jumat (7/8/2020). Walaupun demikian, kata dia, kandidat lain tetap mesti diperhitungkan.

Pandangan Firdaus memang sangat berdasar. Terlebih dengan mengamati dua lembaga yang merilis hasil survei jelang Pilwalkot Makassar. Hasilnya, menempatkan duet Danny Pomanto-Fatmawati di posisi teratas.

Pertama, hasil survei GSI. Danny Pomanto-Fatmawati mengantongi elektabilitas 36,8%. Kedua, hasil survei IRC yang rilis, Danny Pomanto stabil di posisi pertama dengan elektabilitas 27,8%.

Selain faktor Danny Pomanto sebagai petahana, kehadiran Fatmawati juga bisa menjadikan peluang menang lebih besar. Terlebih lagi Wakil Bendahara Umum DPP NasDem itu bisa jadi satu-satunya figur perempuan pada Pilwalkot Makassar.

“Ibu Fatma sendirian perempuan yang ikut dalam kontestasi. Dengan posisi seperti itu, maka hampir dipastikan bahwa isu gender di Makassar bisa dimenangkan,” kata Wahyudi Kasrul, dari lembaga survei dan konsultan politik Indonesia Lokal Victory (ILV).

Wahyudi menekankan, Fatmawati yang notabene mantan Anggota DPR RI tinggal menggenjot popularitas dan elektabilitas sampai pada momen pencoblosan 9 Desember 2020 mendatang. “Ibu Fatma punya potensi yang sangat besar,” beber Wahyudi. (*)