Korban Meninggal di Gunung Bawakaraeng Saat Upacara 17 Agustus, Begini Kronologisnya

Online24jam, Gowa, – Senin tanggal 17 Agustus 2020 sekira Pukul 02.00 Wita, telah di peroleh informasi dari Tim SAR Kab. Gowa yang berada di Pos 9 bahwa salah satu Pendaki Gunung Bawakaraeng Meninggal Dunia, bernama Wawan, (16). Korban merupakan pelajar asal kec. Rilau ale kab. Bulukumba.

Dari informasi yang diperoleh, korban mendaki bersama rekannya wahyu hidayat dari tanggal 12 agustus 2020 melalui jalur lembanna. Dari Lingk. Taksosok Kec. Sinjai Barat. Setelah tiba di antara Pos 8 dan Pos 9. Wawan mengalami Hipotermia (Kedinginan) dan Tim SAR Gunung Bawakaraeng yang berada di Pos 10 langsung memberikan pertolongan dan menangani dengan alat seadanya.

Pukul 17.14 Wita, Korban dintatakan sudah membaik dan rencana akan di evakuasi pada Hari Senin pagi Tanggal 17 Agustus 2020 melalui jalur Tassosok.

Pukul 02.00 Wita, TIM SAR Gunung Bawakaraeng yang berada di Pos 10, tiba-tiba memberi informasi ke Posko SAR Lembanna bahwa korban sudah meninggal dunia selanjutnya akan dievakuasi lewat jalur Veteran Lingk. Bulu Baklea Kel. Pattapang Kec. Tinggimoncong.

Diduga korban dan rekannya sengaja mencari jalan alternatif agar bisa lolos dari penjagaan aparat. Maklum, sejak diketahui banyaknya animo masyarakat yang hendak ke Puncak Bawakaraeng, membuat Pemkab. Gowa melakukan larangan. Namun masih banyak Jalur pendakian ke puncak yang tidak terjaga oleh Aparat, dikarenakan Keterbatasan jumlah Aparat Kemaman.