Dinas PUPR Turunkan Alat Berat di Daerah Hilir, Benahi Badan Sungai di Rakki-rakki

News, Regional24 Views
banner 468x60

Online24, Luwu Utara – Sebulan lebih pasca banjir bandang, Pemda melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Luwu Utara terus melakukan upaya pembersihan baik di hulu maupun di daerah hilir.

Kepala DPUPR, Suaib Mansur menuturkan, pihaknya telah menurunkan alat berat di Dusun Rakki-raki Desa Wara Kecamatan Malangke Barat.

“Sedimen yang terbawa banjir bandang berupa tumpukan kayu menutupi badan sungai, akibatnya terjadi perpindahan jalur sungai masuk dan air merembes ke pemukiman dan lahan pertanian warga di Desa Wara. Kita upayakan membuka kembali jalur sungai dari tumpukan kayu dengan menggunakan alat berat, yang pertama untuk percepatan agar aliran sungai tidak merembes kemana-mana dan yang kedua untuk normalisasi sungai di hilir,” terang Suaib Mansur saat meninjau lokasi di Dusun Rakki-rakki, Desa Wara, Senin (24/8/20) kemarin.

Suaib menyebutkan, untuk saat ini terdapat dua alat berat yang bekerja di badan sungai tersebut.

“Namun kita upayakan akan terus menambah alat berat, agar pembersihan badan sungai yang saat ini dipenuhi tumpukan kayu sepanjang 400 meter cepat tertangani. Mohon doanya,” tutur Suaib.

Tak hanya meninjau progres pembersihan sungai di hilir, pada beberapa kesempatan, Suaib Mansur yang juga Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Luwu Utara memberikan bantuan stimulan berupa sembako dan kitchen set bagi 144 warga terdampak banjir di desa tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *