Luwu Utara Pengelola Program READSI Terbaik Tingkat Nasional

Online24jam, Luwu Utara, – Prestasi tingkat nasional kembali diukir Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling up Initiative (READSI). Dalam kegiatan Pertemuan Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Program READSI Tahun 2020, Jumat 27 November 2020 di kota Bogor, Jawa Barat, Luwu Utara dinobatkan sebagai daerah terbaik pengelola READSI.

Hal ini diungkap Kepala Seksi Kemanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Safaruddin, dalam akun facebook pribadinya, Jumat (27/11/2020), kemarin. “Hasil kinerja DPMO Kabupaten Luwu Utara pada Program READSI dinilai sebagai pengelola terbaik program READSI tingkat nasional,” tulis Safaruddin. Atas raihan itu, Safar, sapaan akrabnya, mengucapkan syukur dan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berkontribusi dalam program tersebut.

“Semua yang telah kita raih ini adalah hasil sinergi dan kolaborasi antarseluruh stakeholder yang ada. Untuk itu, kami haturkan terima kasih. Jangan lelah berbuat untuk masyarakat. Jadikan prestasi ini sebagai powering untuk berbenah menyelesaikan goal yang diamanahkan hingga 2023 mendatang. Semoga bakti kita semua diridhoi Allah Swt,” tutur pria yang juga dosen di Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo ini.

Terpisah, Kadis Ketahanan Pangan, Alauddin Sukri, mengatakan, apa yang diraih itu berkat sinergi, koordinasi dan kolaborasi serta dukungan seluruh stakeholder di sektor pertanian yang tidak kenal lelah melakukan kegiatan pemberdayaan, khususnya dalam program READSI yang berbuah apresiasi. “Pengakuan ini adalah kerja-kerja staf yang hebat. Saya melihat ada tanggung jawab besar dalam diri mereka. Support juga dari stakeholder seperti petani, PPL, FD secara kolektif) yang juga menentukan sebuah keberhasilan dalam usaha. Ayo kita berbuat lebih giat lagi untuk masyarakat,” tulis Alauddin dalam akun facebook pribadinya.

Prestasi ini juga mendapat apresiasi dan ucapan selamat dari salah seorang mantan penyuluh pertanian senior Luwu Utara, Edy Abidin. Edy menyebutkan bahwa keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran aktif para penyuluh pertanian Luwu Utara. “Ucapan selamat kepada Pimpinan, Staf dan Penyuluh Pertanian Luwu Utara sebagai pelaksana Program READSI Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020,” tulis Edy, yang juga mantan Sekretaris BKP3 (sekarang DKP). Sekadar diketahui, pada program READSI 2019, Luwu Utara juga dinobatkan sebagai pengelola terbaik kedua tingkat nasional.

Program READSI merupakan salah satu program dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia yang mendukung terwujudnya visi pembangunan pertanian, yaitu tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatnya kesejahteraan petani serta mendukung suksesnya program regenerasi petani. Salah satu kunci sukses dari program READSI ini adalah sinergi dan kolaborasi antarpengelola pertanian yang ada di daerah, sebagai pelaksana kegiatan Program READSI ini. (LH)