Disbudpar Maros Maksimalkan Balla Mabbalanca Jadi Pusat Promosi Ekraf dan Pariwisata

Online24, Maros  – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Kabupaten Maros belum lama ini telah meresmikan sentra oleh-oleh terlengkap di Kabupaten Maros.

Gedung itu bernama Balla Mabbalanca atau Rumah Belanja yang terletak di lokasi yang sangat strategis, Jalan Poros Maros, Keluarahan Adatongeng, Kecamatan Turikale, sekira 400 meter sebelum Kantor Bupati Maros.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Disbudpar Maros, Andi Yuliana Hatta mengatakan jika Balla Mabbalanca hadir untuk menampung produk-produk UMKM di Maros, seperti keripik singkong, keripik tempe, keripik jamur, abon ikan bandeng, jahe, sarabba, bolu kambu, hingga baju kaus, sepatu, dan pot.

“Hadirnya Balla Mabbalanca ini merupakan inovasi pemerintah daerah untuk melakukan promosi produk ekonomi kreatif yang dihasilkan langsung oleh masyarkat maros, apalagi kebanyakan masalah para pelaku UMKM itu ialah promosi produknya,” jelasnya, Minggu 7 Februari 2021.

Ia melanjutkan, Disbudpar Maros yang mengelola gedung unik berlantai dua itu memang disiapkan untuk pengembangan ekonomi kreatif, sehingga para pelaku UMKM tidak dipungut biaya satu rupiah pun untuk memasarkan produk di Balla Mabbalanca.

“Gedung kita memang operasionalnya dari APBD, sehingga kita tidak memungut lagi biaya dari pelaku, makanya produk disini jauh lebih murah karena harganya merupakan harga langsung dari para pelaku Ekonomi Kreatif,” jelas Yuliana.

Senada dengan itu, Kepala Disbudpar Maros, M. Ferdinasyah, mengatakan jika selain menjadi tempat pemasaran poroduk ekonomi kreatif, Balla Mabbalanca sendiri kedepan akan menjadi gedung informasi pariwisata yang berada di Kabupten Maros.

“Kita akan terus memaksimlakan hadirnya Balla Mabbalanca untuk melakukan promosi ekonomi kreatif dan pariwisata, kita akan hadirkan informasi-informasi terkait destinasi wisata yang sangat keren di Kabuapaten Maros,” Jelasnya.

“Rencananya juga kita akan buka penjualan tiket masuk Kawasan Wisata Alam Bantimurung di Balla Mabbalanca,” tambahnya.

Sejak diresmikan Bupati Maros, Hatta Rahman, 30 Desember 2020 lalu, Balla Mabalanca memang terus berbenah. Promosi akan digencarkan. Targetnya menjadi tujuan utama para turis untuk berbelanja buah tangan.

“Kita bahkan akan tempatkan petugas khusus. Sekarang lagi proses rekrutmen pegawai. Kita buka lowongan terbuka, saat ini masih staf Disbudpar Maros yang jadi petugas toko. Makanya jam operasional Balla Mabalanca masih mengikuti jam kerja Pemda,” Tutup Ferdiansyah.