Mendagri Keluarkan Edaran Jadwal Pelantikan Walikota Makassar Terpilih Digelar Minggu Keempat Bulan Ini

News, Regional1 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Teka teki kapan jadwal pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Terpilih, Danny Pomanto – Fatmawati Rusdi akhirnya terjawab. Merujuk dari  surat edaran mendagri pelantikan digelar minggu  keempat bulan Februari 2021.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Direktur Jendral Otonomi Daerah Akmal Malik pelantikan wali kota di Makassar dilakukan oleh gubernur pada Minggu IV Bulan Februari 2021 secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu disampaikan melalui surat edaran dengan nomor 131/966/OTDA mengenai pelantikan wali kota melalui daring atau video conference. Sebab masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Bulan Februari 2021 yang tidak ada sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi,” kata Akmal dalam surat yang diteken pada 15 Februari 2021.

Sementara, mereka yang bersengketa di Mahkamah Konstitusi namun sengketa tersebut telah diputuskan pada 15-16 Februari 2021 lalu untuk tidak dilanjutkan perkaranya pada sidang berikutnya (ditolak).

Dalam surat itu tertuang Gubernur, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten untuk mempercepat proses pengusulan pengesahan pengangkatan wali kota agar dapat dilantik secara bersama-sama pada Minggu IV Bulan Februari 2021.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar terpilih Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan keputusan tersebut. Ia mengatakan dirinya selalu tunduk pada keputusan negara.

“Kita ikut saja arahan pusat dan bapak gubernur karena ini pelantikan serentak dan otorisasinya ada di Kemendagri,” kata Danny Pomanto di Balai Kota Makassar, Senin, 15 Februari 2021.

Menurutnya, apa yang menjadi keputusan negara dirinya mengikut. Kendati begitu ia belum mengetahui kapan tanggal pelantikan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *