Waspada Cuaca Ekstrem, Hanafi Hamzah: Masyarakat Harus Selalu Perhatikan Informasi Resmi dari BMKG

Cuaca Ekstrem (int).
dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi cuaca buruk di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir Maret nanti.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV – Makassar, Hanafi Hamzah mengungkapkan,
Setidaknya beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan yang berada di wilayah Pantai Barat Makassar yakni Makassar, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng satu dua hari ini pola hujannya masih cukup ekstrem.

“Dari hasil pantauan kami Pola hujan untuk wilayah Selatan, Kondisi hujan umumnya kriteria hujannya antara hujan lebat 100 ml hingga sangat lebat 200 ml.” ujarnya,

Untuk dampak dari cuaca buruk tersebut, BMKG mengimbau tingginya gelombang dibeberapa perairan di Sulsel. Diperkirakan, tinggi gelombang akan mencapai 1,25 hingga 2,5 m.

Hanafi juga mengimbau kiranya dengan informasi ini, masyarakat mengetahui dan bagi instansi terkait untuk mengambil tindakan segera mungkin mengambil upaya- upaya penyelamatan sebagai langkah antisipasi.

“Awal maret ini masih merupakan musim hujan di wilayah Pantai Barat Makassar jadi harus selalu diwaspadai dan kami himbau agar masyarakat selalu memperhatikan informasi resmi dari BMKG.” Imbuhnya.

Ia berharap semoga cuaca ekstrem seperti ini bisa cepat berlalu.

Untuk diketahui, akhir Maret cuaca seperti ini akan berpindah ke arah Timur Sulsel yakni Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo dan Soppeng.