Kanal Permanen Salu Matoto Siap Dibangun, BBWSPJ; Sinkronkan, Simpulkan, dan Kerjakan!

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk mempercepat penanganan dan pemulihan kota Masamba pascabencana banjir bandang beberapa waktu lalu tak perlu diragukan. Beberapa waktu lalu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, bermohon kepada Plt Gubernur Sulawesi Selatan untuk mempercepat penanganan atas genangan air yang sering terjadi pascahujan deras, seperti yang diungkap Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Adenan Rasyid, Kamis (22/4/21), di Masamba.

“Hari ini kami turun lengkap merespon permohonan Bupati. Selain bentuk respon, kehadiran kami hari ini adalah wujud keseriusan atas permohonan ibu Bupati kepada Plt Gubernur Sulawesi Selatan untuk penanganan atas genangan air yang sering terjadi di sepanjang jalan kota Masamba saat hujan deras terjadi,” ungkap Adenan Rasyid dalam Rapat Pembahasan Detail Engineering Design (DED) Pembangunan Kanal Salu Matoto bersama Bupati Luwu Utara, di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya membantu apa yang bisa dilakukan yang menjadi kewenangannya. “Sinkronkan dengan rencana yang akan kita lakukan, simpulkan apa yang bisa kita bantu dan kerjakan! Kita ingin sinergikan keseriusan Pemda Luwu Utara, sebab Pemda pun cepat merespon apa yang menjadi kebutuhan kita saat di lapangan,” imbuhnya. Sementara Bupati Indah Putri Indriani dalam rapat itu mengakui masih banyak PR yang harus diselesaikan, termasuk persoalan genangan air yang sering terjadi pascahujan deras.

“Pemerintah akan membangun kanal dan drainase permanen untuk mengatasi persoalan genangan air di kota Masamba dan sekitarnya,” kata Indah. Ia berharap, Rapat DED Pembangunan Kanal Salu Matoto dapat segera dirampungkan. “Besar harapan kita bahwa pertemuan ini menjadi embrio percepatan penanganan genangan pascabanjir bandang serta review terkait rencana pembangunan kanal Salu Matoto,” tandasnya.

Pemkot Makassar