Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, RSUD Andi Djemma Hadirkan Fasilitas Rumah Tinggal Ibu Nifas

News, Regional2 Views
banner 468x60

Online24, Luwu Utara – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, me-launching Fasilitas Rumah Tinggal bagi Ibu Nifas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Djemma, Masamba, Sabtu (8/5/21). Gedung Fasilitas Rumah Tinggal bagi Ibu Nifas ini berlantai dua. Gedung ini juga menyiapkan ruang bermain bagi anak dan ruang penitipan anak. Sementara untuk lantai kedua, disediakan untuk keluarga pasien yang ingin menginap.

Bupati Indah Putri Indriani menyebutkan, salah satu fungsi primer pemerintah yang tidak akan pernah berhenti adalah fungsi pelayanan, khususnya di rumah sakit yang fungsi pelayanannya tidak akan pernah berhenti. “Berbicara mengenai rumah tinggal, bukanlah sesuatu yang baru di rumah sakit. Namun, khusus untuk ibu nifas merupakan yang pertama kali kita launching di RSUD Andi Djemma,” sebut Indah.

Rumah tinggal bagi ibu nifas, kata Indah, sesungguhnya adalah komitmen pemerintah guna menekan angka kematian ibu dan bayi. “Saya harap ke depan ada sinergi antarpemangku kepentingan untuk mengedukasi masyarakat bahwa generasi itu harus direncanakan, termasuk juga merencanakan kehamilan,” terangnya. Menurutnya, jika hal ini dilakukan sejak dini, maka bisa menekan angka kematian ibu dan bayi, termasuk meningkatkan kualitas hidup keluarga.

“Ke depan, tidak ada lagi ibu-ibu nifas yang harusnya masih diberi perawatan, malah memilih pulang karena minimnya fasilitas,” harap Bupati perempuan pertama di Sulsel ini. Ia pun berharap, kehadiran rumah tinggal bagi ibu nifas di RSUD Andi Djemma Masamba dapat semakin meningkatkan pelayanan, khususnya bagi ibu-ibu nifas. “Semoga dengan hadirnya rumah tinggal ini, mampu meningkatkan pelayanan bagi ibu nifas itu sendiri,” sambungnya.

Sebelumnya, Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, dr. H. Hariadi, berharap kehadiran fasilitas rumah tinggal bagi ibu nifas dapat memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi ibu-ibu nifas itu sendiri. “Bukan hanya keamanannya terjamin, tapi juga bisa memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi ibu-ibu nifas, sehingga mempercepat perwatan bayinya,” pungkasnya. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kadis Kesehatan Marhani Katma, dan para dokter spesialis RSUD Andi Djemma, Masamba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *