Pantau Pembangunan di Luwu Utara Melalui PUGALU Sip

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, me-launching penggunaan layanan pemantauan pembangunan yang diberi nama PUGALU Sip, Kamis (27/5/21), di Aula kantor Kecamatan Sukamaju Selatan (Sultan). PUGALU Sip adalah akronim dari Pemantauan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Partisipatif, sebuah aplikasi awal yang dapat digunakan untuk memonitoring dan mengevaluasi segala bentuk pembangunan yang ada di Kabupaten Luwu Utara, utamanya yang ada di desa.

Wabup Suaib mengapresiasi inovasi dalam bentuk sistem aplikasi layanan berbasis digital ini. Menurut dia, inovasi tersebut adalah sebuah terobosan baru yang sedang dikembangkan pemerintah sebagai layanan bagi masyarakat untuk memantau pembangunan di Luwu Utara. “Kita ketahui bahwa pembangunan dimulai dari perencanaan, kemudian pelaksanaannya. Setelah itu, monitoring dan evaluasi. Masyarakat telah hadir pada proses perencanaan pembangunan melalui Musrenbang. Nah, dengan hadirnya layanan ini akan mempermudah masyarakat memantau proses pembangunan,” kata Suaib.

Suaib mengatakan, partisipasi masyarakat dalam pembangunan adalah hal paling penting di era 4.0. Mengingat pemanfaatan teknologi dalam penyelenggaraan pembangunan adalah keniscayaan. “Ini yang dijabarkan oleh teman-teman di Bappeda, menghadirkan aplikasi PUGALU-SIP sebagai wadah partisipasi pengawasan melalui pemanfaatan teknolobi,” terang dia. Suaib menambahkan, apa yang dihadirkan Bappeda sejalan dengan arahan Presiden dalam Rakornas Wasin. Di mana Presiden menekankan seluruh aktivitas pengawasan diharapkan untuk memulihkan kondisi ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Hal ini pula yang diharapkan Suaib atas hadirnya layanan PUGALU Sip. “Harapan kita adalah, dengan adanya PUGALU-Sip, maka akan mempercepat tercapainya upaya pemulihan ekonomi di Indonesia,” harapnya. Sementara itu, Kabid Ekonomi, SDA dan Infrastruktur Bappeda, Ovan Patuang, mengatakan bahwa PUGALU Sip adalah sebuah pilot project yang dikembangkan di dua Perangkat Daerah, masing-masing Dinas PUPR dan Dinas Perkimtan.

“Kita berharap segala bentuk program pembangunan yang ada di dua PD tersebut, masyarakat dapat mengambil peran untuk melakukan pemantauan,” kata Ovan Patuang, yang juga inovator dari PUGALU Sip. Hadir dalam Launching PUGALU Sip, Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Alauddin Sukri, Plt. Camat Sukamaju Selatan Ari Setiawan, aparat pemerintah kecamatan serta para Kepala Desa.

Pemkot Makassar