38 Mahasiswa Unhas asal Lutra KKN di Kampung Sendiri, Bupati Tawarkan Program Perhutanan Sosial

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Sebanyak 38 mahasiswa(i) Universitas Hasanuddin (Unhas) akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik pada Minggu III bulan Juni 2021 mendatang. Menariknya, 38 mahasiswa ini, semua berasal dari Kabupaten Luwu Utara, sehingga tidak sulit bagi mereka untuk beradaptasi karena paham betul kondisi kampung halamannya.

Mereka dikirim ke daerah asalnya untuk melakukan KKN tematik dalam rangka menyukseskan program prioritas pemerintah daerah Luwu Utara.

“Sebelum KKN dilakukan, kami harus melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah, sehingga pelaksanaan KKN nantinya berkontribusi untuk menyukseskan program prioritas pemerintah daerah,” kata Kepala Pusat Pengembangan KKN LP2M Unhas, Muhammad Kurnia, saat melakukan audiens dengan Bupati Indah Putri Indriani, Senin (31/5/21), di Ruang Kerja Bupati.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyambut baik KKN tematik Unhas yang akan dilakukan di wilayah kerjanya.

“Tentu kami sebagai pemerintah daerah menyambut baik program KKN tematik ini. Apalagi semua peserta KKN-nya adalah mahasiswa-mahasiswi asal Luwu Utara. tentu sedikit banyak mereka paham tentang kondisi daerah ini,” sebut Indah.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Indah Putri Indriani menawarkan program terkait Perhutanan Sosial kepada LP2M Unhas agar menjadi lokus utama KKN tematik tersebut.

“Beberapa waktu lalu, Kabupaten Luwu Utara mendapat izin terkait Perhutanan Sosial. Nah, ini kita dorong menjadi bahan KKN tematik Unhas,” jelasnya.

Apa yang diharapkan dari program Perhutanan Sosial? Bupati perempuan dua periode ini berharap peserta KKN nantinya dapat mencari tahu kejelasan sistem pengelolaan hutan lestari dalam kawasan hutan negara atau hutan adat yang dilaksanakan warga setempat. “Nah, ini menjadi bahan KKN tematik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial-budaya sebagaimana peruntukannya,” tandasnya.

Pemkot Makassar