Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Kadis TPH Bareng Rombongan DPRD Tolitoli Temui Bapak Porang Indonesia di Sidrap

epala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa bersama dengan rombogan Anggota DPRD Tolitoli dan sejumlah petani yang dipimpim Wakil Ketua DPRD Tolitoli dari Fraksi NasDem melakukan kunjungan di Lokasi Budidaya Porang Milik Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif. Selasa (15/6/21).
dprd-makassar

Online24, Sidrap – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa bersama dengan rombogan Anggota DPRD Tolitoli dan sejumlah petani yang dipimpim Wakil Ketua DPRD Tolitoli dari Fraksi NasDem melakukan kunjungan di Lokasi Budidaya Porang Milik Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif. Selasa (15/6/21).

Saat tiba di Lokasi Porang di Desa Bendoro, Rombongan diterima langsung oleh Pembina Kelompok Tani Semangat Milenial Sidrap, Syaharuddin Alrif. Rombongan dari Tolitoli ini, tiba di  Kabupaten Sidrap  melalui via darat dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1.000 kilo meter.

Selain melihat langsung taman porang milik Syahar yang juga Sekretaris NasDem Sulsel, Kadis TPH dan Rombongan Legislator diberi tips tentang bercocok tanam budidaya porang. Bagaimana keberhasilannya memanfaatkan  tanaman porang sehingga menjadi pilot project komoditas ekspor di Sulsel.

Syahar menjelaskan, bahwa lahan pertanian porang miliknya ini  dikelola secara moderen dan profesional. Awalnya adalah lahan tidur namun dengan semangat kerja sehingga bisa seperti sekarang ini.

“Saya memanfaatkan lahan tidur, Alhamdulillah dengan semangat kerja sehingga bisa seperti sekarang ini,” kata Syaharuddin Alrif.

Syaharuddin Alrif berharap tips yang diberikan dapat diterapkan di Kepada Dinas TPH  Tolitoli untuk mengerakkan petani di daerahnya menanam porang.

“komoditi porang ini sangat bernilai ekonomi untuk di ekspor, jadi saya harapkan pak Kadis TPH Tolitoli bersama anggota DPRD untuk mendorong ini, petani ikut menaman porang, agar manfaat ekonominya juga dapat dirasakan,” ujar Syahar.

Kepala TPH Tolitoli Rustan Rewa mengatakan bahwa dirinya bersama anggota DPRD Tolitoli memilih Sidrap belajar porang karena salah satu daerah penghasil porang di Indonesia yang sudah terbukti.

“Saya sudah lama rencanakan berkunjung ke Lokasi Porang pak Syahar. Alhamdulillah bapak Porang Indonesia menerima langsung kami. Ia banyak menjelaskan tadi tentang porang mulai dari jenis porang, bagaimama memilih bibit porang, cara  perawatannya hingga manfaat ekonominya,” Jelas Rustan.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Tolitoli, Azis Bestari mengatakan
tanaman Porang di Sidrap sudah dikelola secara modern. Hal itu menjadi salah satu alasan  melakukan study banding di daerah ini.

“Kami lihat secara langsung lahan Kaka Syahar, penaman porang sudah dilakukan secara moderen. Semoga kunjungan kami ini penuh manfaat, untuk kesejahteraan petani di Tolitoli. Saya bersama teman teman di DPRD dan Pemerintah Tolitoli akan mendorong petani untuk menaman porang,” Ujar Azis Besari.

Setelah melakukan kunjungan di Lahan Porang, rombogan Anggota DPRD Tolitoli bersama Kadis Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa melanjutkan silaturahmi ke DPRD Sidrap.

Pemkot Makassar