Jambore dan Pelatihan Kewirausahaan PMKRI di Sulawesi, Ketua PP PMKRI: Kader Harus Manfaatkan Potensi Lokal

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Perhimpunan mahasiswa katolik Republik Indonesia Wilayah sulawesi melaksanakan   kegiatan Jambore kewirausahaan yang digelar di kota Palopo dari tanggal 1 – 3 Juli 2021.

Rangakaian kegiatan yg dilakukan ialah Seminar dan Pelatihan kewirausahaan. Hadir beberapa Narasumber dalam kegiatan seminar yang dilaksanakan Pada tanggal 1 Juli di Hotel Agro kota Palopo. Seminar dibagi dalam II Session.  SesI I yaitu Offline yg di hadiri oleh Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI Benidiktus Papa dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi selatan H. Syaharuddin Alrif .

Dalam seminar tersebut, Benidiktus Papa yang merupakan salahsatu narasumber seminar mengajak kepada seluruh kader PMKRI untuk berwirausaha, dengan memanfaatkan potensi lokal sehingga kemandirian kader nampak jelas dan akan membawanya ke skala nasional. Jambore Kewirausahaan memberikan ruang kreatifitas kepada kader PMKRI. Dibutuhkan skill yang kuat serta kerja keras, agar hasil dari kegiatan ini sesuai dengan target yang diinginkan.

Untuk session II di laksanakan secara Virtual. Salah satu Narasumber ialah kabag perencanaan dan pemantauan Evaluasi  KemenKop UKM Pieter Silaen, Komisaris Independen PT. hutama Karya Realtindo Razikin siraid dan Mikro Business Group muhammad Isnaeni.

Selanjutnya Rangkaian  kegiatan ialah  pelatihan Kewirausahaan yg dilaksanakan di Gedung Prisma GPIL Rampoang kota Palopo dari tgl 2 -3 Juli 2021.

Dalam kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sejumlah Peserta yg terdiri dari Pmkri Cabang Makassar, pmkri cabang Palopo, Pmkri cabang toraja, pmkri cabang palu dan Pmkri cabang Kendari.

Selama kegiatan berlangsung peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan karena diisi oleh pemateri – pemateri yg berlatar belakang Profesi, pelaku usaha, dan juga akademisi. Hadir juga pemateri dari Dinas terkait Seperti Dinas Koperasi UMKM Kota Palopo dan dinas Ekonomi Kreatif.

Diakhir kegiatan pelatihan dilakukan FGD,  sharing Usaha, dan persentase Usaha bertujuan untuk menghasilkan Rekomendasi untuk ditindaklanjuti setiap peserta dalam bentuk usaha.

ketua Panitia dalam sambutan penutup kegiatan.  Rivaldo Saputra Uba mengajak semua peserta agar  boleh melihat peluang dan tantangan di tengah situasi covid 19. Kita semua yakin dan percaya bahwa covid 19 ini tidak tahu kapan berakhir, maka kita perlu mempersiapkan diri melihat peluang yg ada. Sebagai mahasiswa dan juga sebagai  kader PMKRI Kita di tantang untuk berinovasi khususnya dalam mendukung kemandirian ekonomi.

Lanjut  Ketua Presidium PMKRI Cabang Palopo Santa Catarina Periode 2021 – 2021 Gabriel Esong,  berharap semoga kegiatan ini betul-betul ada autput yang di hasilkan untuk 5 Cabang yang telah  mengikuti kegiatan ini, dan tentu kita tetap butuh suport   dan pendampingan dari PP PMKRI sehingga kegiatan ini bukan hanya seremonial semata sehingga  harapan mandiri betul-betul bisa terlealisasi dan yang lebih pentingnya ialah  PMKRI bisa mencetak  kader – kader Enterpreneursip muda.

Saya juga mengucapkan Terima kasih kepada PP PMKRI St.Thomas Aquinas Periode 2020-2022 Yang sudah percayakan PMKRI Cab.Palopo St.Katarina sebagai Tuan Rumah kegiatan ini dan untuk teman-teman PMKRI Seregio XI( Sulawesi terima kasih sudah berpartisipasi dan bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan ini, sampaikan salam hormat kami dari PMKRI cabang Palopo untuk teman-teman di cabang.

Mewakili Pengurus pusat dalam sambutanya. Yohanis B. Parinding yang juga sebagai ketua Lembaga Pengembangan kewirausahaan PP PMKRI menyampaikan harapan besar kepada seluru peserta Jambore pelatihan kewirausahaan agar setelah kegiatan ini diharapkan ada tindaklanjut lewat usaha mandiri kader. Berani menjadi Job Creator. meskipun di tengah pandemi. Peluang usaha sangat besar salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Selanjutnya. Unit – unit usaha yang ada di Regio Sulawesi akan menjadi dampingan Pengurus Pusat ke depan.

Pemkot Makassar