PMI DKI Jakarta Masih Kekurangan 200 Kantong Konvalesen Per Hari, JK Minta Penyintas Covid untuk Berdonor

Nasional2 Views
banner 468x60

Online24jam, Jakarta, – Meskipun belum ada obat yang terbukti aman dan efektif untuk menyembuhkan Covid-19. Namun, penelitian telah membuktikan metode terapi plasma darah konvalesens yang diambil dari pasien yang telah sembuh dapat menolong pasien yang sedang menjalani perawatan Covid-19 di seluruh dunia. Di Indonesia penggunaan terapi plasma konvalesen ini pertama kali digagas oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bersama Palang Merah Indonesia pada April 2020 silam. Penggunaan terapi tersebut terbukti cukup ampuh untuk menolong pasien dengan kondisi kritis. Berdasarkan data dari PMI, akurasi kesembuhan terapi plasma konvalesen mencapai 99 persen dimana setiap 100 pasien yang diberikan terapi tersebut 99 di antaranya dinyatakan sembuh.

Saat ini permintaan Konvalesen semakin meningkat seiring dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia. Khusus untuk DKI Jakarta sendiri paling tidak ada 300 pasien yang masuk waiting list setiap harinya, dan PMI baru mampu memenuhi 100 permintaan. Untuk itu Ketua Umum PMI pusat, Jusuf Kalla (JK) meminta kepada para penyintas Covid-19 mau mendonorkan konvalesennya demi membantu mereka yang masih berjuang melawan Covid-19. Hal itu disampaikan JK saat meninjau Unit Donor Darah DKI Jakarta di Markas PMI DKI Jakarta Jl. Kramat Raya Jakarta Pusat, Pada senin malam 2 Agustus 2021.

“Saat ini setidaknya yang masuk di waiting list PMI DKI Jakarta ada sekitar 300 pasien setiap harinya, dan kami baru bisa memenuhi 100 permintaan berhubung kita masih kekurangan pendonor. Untuk kami berharap penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat untuk mau mendonorkan konvalesen darahnya” ujar JK.

Menurut JK saat ini PMI telah berkerja sama dengan pihak Blue Bird untuk megantar jemput secara gratis para penyintas Covid-19 yang mau mendonorkan konvalesen darahnya. Selain itu JK juga mengungkapkan bahwa beberapa Unit Donor Darah yang mampu mengolah konvalesen buka 24 jam.

“ Saat ini PMI sudah ada kerja sama dengan pihak Blue Bird untuk memberi fasilitas antar jemput kepada penyintas Covid1-19 yang mau mendonorkan konvalesennya dan semua gratis. Bagi yang sibuk kita ada beberapa Unit Darah yang buka 24 Jam, salah satunnya di UDD Kramat ini” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *