Gunakan Perahu, Kalaksa BPBD Tinjau Tanggul Jebol di Malbar

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Muslim Muhtar, meninjau tanggul yang jebol di Dusun Wellangpellang Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat (Malbar), Selasa (25/8/21). Muslim didampingi Kades Pombakka, Kadus Wellampellang, dan personil BPBD lainnya.

Menariknya, Muslim meninjau menggunakan perahu. Tak hanya itu, ia juga memberikan bantuan logistik dan peralatan berupa terpal, waring, paranet, karung plastik dan tali sebagai penanganan darurat. “Kami melihat secara langsung tanggul yang jebol akibat gerusan air sungai Rongkong, sekaligus membawa bantuan untuk warga terdampak,” kata Muslim.

Peninjauan tersebut, kata Muslim, juga sebagai assesment BPBD terhadap kondisi tanggul. “Ini juga menjadi bahan lapor dan koordinasi kami kepada pimpinan,” terangnya. Usai meninjau tanggul jebol, mantan Kadis P2KUKM ini juga melihat langsung penanganan tanggul menggunakan alkon (alat pompa pasir) di Dusun Tauru Desa Pombakka, Malbar.

Sekadar diketahui, spot tanggul yang jebol akibat tergerus arus sungai Rongkong, sehingga berdampak terjadinya genangan di Desa Pombakka, khususnya di Dusun Wellangpellang. Kondisi tersebut membuat pemerintah dibantu warga setempat melakukan penanganan darurat untuk membuat kondisi sedikit lebih baik pasca-terjadinya genangan.

Pemkot Makassar