Distribusi Bantuan Covid 19, Pemkot Makassar Gandeng Komunitas Drone

Online24jam, Makassar, – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mencoba cara baru dalam penanganan covid-19. Yakni pemanfaatan drone atau pesawat nirawaksebagai media pendistribusian bantuan medis. Upaya ini dilaksanakan bersama Komunitas Drone Makassar. untuk mendistirbusikan bantuan medis ke Kapal Motor (KM) Umsini.

Koordinator Komunitas Drone Makassar Dee Dahyar mengatakan, “Ada kondisi emergency yang mana di luar dari jadwal pengantaran logistik. Jadi, Pak Wali Kota (Wali Kota Makassar Danny Pomanto) men-challenge kita terkait solusinya,” ujarnya pada awak media, Kamis, 30 September 2021.

Dikatakan, pemanfaatan pesawat nirawak ini didasari oleh faktor jarak dermaga pemasok medis menuju KM Umsini yang cukup jauh. Dahyar menyebut pendistribusian ke kapal isolasi terpadu sekitar satu kilometer.

“Distribusi logistik karena kapal isolasi terpadu kan berlabuh kurang lebih satu kilometer. Tentu distribusi logistik berupa shuttle boat atau speedboat untuk di waktu regular,” jelas Dahyar.
Pemanfaatan pesawat nirawak ini tidak luput dari kendala dan tantangan. Dahyar mengatakan timnya telah melakukan berbagai prototyping atau purnarupa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Aslinya bukan drone delivery, tapi untuk pengambilan foto dan video. Kita sudah tiga kali prototyping, pertama kita melakukan balancing dan bahkan kedua masih belum juga berhasil,” terang dia.

Pemkot Makassar