Penjajakan Pemilihan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muslim Indonesia Makassar, Harus dari Alumni

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Kampus hijau, sebagian besar masyarakat di Sulawesi Selatan mengidentikannya dengan kampus Universitas Muslim Indonesia. Kampus yang dikenal dengan kampus islami dalam bentuk yayasan wakaf dengan predikat kampus swasta terbaik di Indonesia timur yang melahirkan para intelektual yang menduduki berbagai profesi hingga menjadi pemimpin di berbagai bidang di Indonesia yang dilahirkan oleh para tenaga pendidik profesional.

Salah satu bentuk keberhasilan sebuah kampus adalah distribusi alumni, apa yang dimaksud dengan distribusi alumni adalah kemampuan alumni meraih ruang-ruang strategis pasca keluar dari kampus. Mengapa hal ini menjadi salah satu indikator keberhasilan, karna kampus mampu memproduksi alumni dengan dibekali berbagai kemampuan akademik maupun non akademik sehingga habit yang tertanam pada alumni memiliki identitas yang menjadi ciri khas suatu kampus.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI yang mencetak ribuan alumni sejak berdiri, tentu sebagian besar civitas akademikanya sebagian besar alumni Fakultas Ekonomi UMI sebagai distribusi alumni di tingkatan kampus. Dinamika kampus yang dulunya pernah dilalui alumni sejak mahasiswa tentu menjadi sangat relevan ketika civitas akademika di dominasi oleh alumni cetakan kampus tersebut.

Pesta demokrasi tingkatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan segera di helat,tentu menjadi ruang strategis para akademisi menggali potensi politiknya. Masa penjajakan sudah dimulai, menjadi gambaran keberhasilan skema politik di tingkatan kampus di ruang publik. Sebagai negara demokratis tentu sistem pemilihan skala kecil di tingkat fakultaspun menganut asas demokratis dengan metode adil dan merata.

Dalam menjaring calon dekan, latar belakang pendidikan menjadi perhatian tersendiri bagi warga kampus. Memprioritaskan alumni dan membuka ruang jaring alumni yang berkualitas dalam memimpin fakultas hingga universitas adalah gambaran keberhasilan suatu kampus yang artinya kampus berhasil melahiran para pemimpin.
Solidaritas alumni dalam membesarkan kampus Universitas Muslim Indonesia adalah sebuah keniscayaan dalam langkah mengawal visi misi kampus.

Berbagai predikat dan penghargaan telah diraih Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI semenjak dipimpin oleh Prof. Dr. H. Mahfudnurnajamuddin, SE., MM beberapa tahun terakhir, mulai dari perubahan nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, penyesuaian gelar kesarjanaan sesuai program studinya dan semua prodi yang ada di FEB UMI yang dulunya akreditasi A menjadi akreditasi Unggul. Lengkapnya fasilitas-fasilitas yang ada di FEB UMI untuk dosen, karyawan dan mahasiswa, seperti ruangan dosen, ruangan jurnal, ruangan guru besar, perpustakaan, ruang pelayanan akademik, 3 ruangan seminar/ujian, perabot ruangan kelas, lift serta CCTV disetiap titik di fakultas. Dan juga berhasil menghelat berbagai kegiatan nasional yang sukses dengan melibatkan kerjasama antar kampus di Indonesia. Inilah yang mencerminkan kesuksesan alumni dalam mengelola dan memimpin fakultas ekonomi dan bisnis UMI. Dan tentunya menjadi harapan warga kampus alumni untuk melanjutkan memimpin Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI sebagai Dekan di fakultas tersebut. Alumni akan menjaga loyalitas almamater dalam memimpin fakultas, hal tersebut menandakan bahwa alumni UMI berperan aktif dalam membangun UMI dan memilih andil besar dalam membuat peradaban pendidikan di kampusnya sendiri.
Hal inilah menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan di UMI Makassar terutama dalam pemilihan pimpinan fakultas atau Dekan.

Achmad Alumni Fakultas Ekonomi UMI

Pemkot Makassar