Sambut Kunjungan Studi Banding TP-PKK Kota Tarakan, TP-PKK Bulukumba Gelar Pameran Hasil UP2K

Rombongan TP-PKK Kota Tarakan disambut Ketua TP-PKK Bulukumba Hj. Ira Kasuara Hasyim beserta pengurus, Jumat (19/11/2021).
dprd-makassar

Online24, Bulukumba – Berbagai pencapaian serta torehan prestasi yang diraih TP-PKK Kabupaten Bulukumba nampaknya mendapatkan perhatian sejumlah PKK wilayah lain untuk saling menimba ilmu dan berbagi pengetahuan.

Termasuk dihatinya TP-PKK Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara yang melakukan kunjungan studi banding di Kabupaten Bulukumba yang juga dikenal dengan Butta Parita Lopi. Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati, Rombongan TP-PKK Kota Tarakan disambut Ketua TP-PKK Bulukumba Hj. Ira Kasuara Hasyim beserta pengurus, Jumat (19/11/2021).

Ketua TP-PKK Bulukumba Ira Kasuara menyampaikan terimakasih kepada TP-PKK Kota Tarakan yang telah memilih Kabupaten Bulukumba sebagai obyek studi bandingnya, yang mana diharapkan dengan kunjungan tersebut dapat menjalin dan mempererat hubungan silaturahim antara Kota Tarakan dan Kabupaten Bulukumba.

“Kunjungan TP-PKK Kota Tarakan yang jauh- jauh dari Kalimantan merupakan anugerah bagi kami, ini tentunya motivasi bagi kami karena TP-PKK Bulukumba diperhatikan keberadaannya dan tentunya ada dihati TP-PKK Kota Tarakan,” Tutur Ira.

Tim Penggerak PKK, Kata Ira, mempunyai tugas dan kewajiban yang besar dalam mendukung program pemerintah, sehingga sangat penting bagi PKK untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kinerja dalam rangka strategi pelaksanaan 10 program pokok PKK, diantaranya yakni membuat terobosan bagi para kader dalam mengembangkan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Diketahui, UP2K merupakan merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan khususnya bagi kaum perempuan yang bertujuan untuk mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung melalui kelompok maupun perorangan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera.

Olehnya itu Hj. Ira sapaan akrabnya mengajak rombongan TP-PKK Kota Tarakan untuk mengunjungi Pameran hasil dari UP2K yang digelar TP-PKK Bulukumba pada waktu yang sama, dimana dalam pameran tersebut mempromosikan berbagai hasil kerajinan masyarakat serta Kader PKK. “Sebentar kami akan mengajak Ketua beserta rombongan TP-PKK Kota Tarakan untuk berkunjung di Pameran hasil dari UP2K-PKK,” imbuhnya.

Pj. Sekda A. Misbawati A Wawo yang juga hadir pada saat itu mewakili Bupati menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan studi banding ini sebagai upaya membangun sinergitas, harmonisasi dan kebersamaan stakeholder masyarakat antar wilayah untuk mewujudkan pertumbuhan dan kemajuan daerah.

Kehadiran Tim Penggerak PKK Kota Tarakan, kata Pj. Sekda menjadi momentum yang sangat baik untuk saling sharing pengalaman, saling menjajaki kerjasama di berbagai bidang sesuai kebutuhan. “Olehnya itu, mewakili masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, kami mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan Tim Penggerak PKK Kota Tarakan di Kabupaten Bulukumba, daerah yang dikenal dengan Butta Panrita Lopi,” sebut Andi Misbah.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Tarakan Sitti Rujiah mengemukakan bahwa tujuan kunjungannya ke Kabupaten Bulukumba yakni untuk belajar banyak kepada TP-PKK Bulukumba khususnya mengenai 10 program kerja PKK. Selain itu, pada saat berkeliling bersama rombongannya, dirinya pun mengaku terkesan terhadap kebersihan lingkungan di Bulukumba. “Tadi pagi sebelum kami kesini (Ruang Pola), kami sudah keliling-keliling Bulukumba dan kami melihat Bulukumba adalah kota yang bersih dan nyaman untuk kita tempati,” tutur Sitti Rujiah.

Secara garis besar, kata Sitti Rujiah, Kota Tarakan dan Kabupaten Bulukumba pun juga memiliki banyak persamaan dimana Tarakan dan Bulukumba memiliki wilayah pesisir dengan kekayaan laut yang melimpah, serta sama-sama memiliki produk UMKM unggulan, begitu juga dengan visi kedua daerah pun mengusung cita-cita yang sama yakni memajukan dan mensejahterakan daerah.

Untuk itu dirinya menilai bahwa, cita-cita yang diusung baik oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba maupun Pemerintah Kota Tarakan untuk memajukan dan mensejahterakan daerah perlu memperoleh dukungan kuat dari PKK “Sejalan dengan itu, saya dan segenap rombongan berharap kiranya PKK Kabupaten Bulukumba berkenan untuk dapat membagikan pengalaman, ilmu, dan resep suksesnya sebagai bekal bagi kami kelak untuk mengadopsi kiat sukses PKK Bulukumba di Kota Tarakan. Terlebih lagi, TP-PKK Bulukumba juga merupakan TP PKK yang telah banyak sekali menunjukkan pencapaian dan prestasinya di berbagai jenjang,” ucap istri Walikota Tarakan. (*)

Pemkot Makassar