Pengwil Sulsel IPPAT Siap Memilih Ketua, 516 Pejabat Pembuat Akta Tanah akan Hadir

Rapat panitia pelaksana konferwil Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengwil Sulsel IPPAT)

Online24jam, Makassar, – Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengwil Sulsel IPPAT) bersiap untuk memilih ketuanya melalui Konferensi Wilayah Sulawesi Selatan (Konferwil Sulsel) IPPAT yang akan dilaksanakan pada tanggal 06 Desember 2021 di Hotel Claro Makassar.

Menurut Muh. Asyurah, Ketua Pelaksana Konferwil Sulsel IPPAT, acara konferwil tersebut diadakan 3 tahun sekali, sesuai dengan AD dan ART IPPAT. Dan proses pemilihan calon ketua ini juga sudah mengalami penjaringan, yang diawali dari pengusulan nama-nama bakal calon ketua oleh Pengurus Daerah (Pengda) se Sulsel.

Asyura menjelaskan bahwa di Sulsel dibawah Pengwil Sulsel, ada 6 Pengda yang membawahi beberapa daerah. Ada Pengda Makassar dengan lingkup seluruh kota Makassar, Pengda Pare-pare yang melingkupi Pare-pare, Barru, Pinrang, Sidrap, Enrekang, Tanah Toraja dan Toraja Utara. Pengda Bone melingkupi Bone, Soppeng, Wajo, Maros dan Pangkep. Pengda Luwu Raya meliputi Palopo, Luwu Timur dan Luwu Utara, dan Pengda Gowa meliputi seluruh kabupaten Gowa, serta terakhir Pengda Takalar yang meliputi Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Kepulauan Selayar.

Lebih jauh Asyura mengatakan, bahwa pengusulan nama-nama bakal calon ketua tersebut telah diproses dalam rapat kerja wilayah Sulsel dan meloloskan empat nama, dimana 1 diantaranya adalah ketua saat ini.

“ada 4 nama yang telah ditetapkan maju sebagai calon ketua, yaitu Dr. Mustahar, S.H.,M.Kn., Dr. Abdurrifai, S.H.,M.Kn., Dr. Aksal Arsyad, S.H.,M.Kn. dan ketua saat ini A.S.Pulaweng Salahuddin, S.H.,M.Kn”,ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengwil Sulsel saat ini A.S.Pulaweng Salahuddin yang akrab disapa Paula membenarkan bahwa Pengwil Sulsel akan mengadakan pemilihan ketua dan dia berharap anggotanya berbondong-bondong datang untuk menggunakan hak pilihnya. Hingga saat ini kata Paula tercatat sekitar 516 orang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Sulsel.

“dari catatan kami, PPAT yang tergabung dalam anggota Pengwil Sulsel ada sekitar 516 PPAT dan semoga mereka bisa datang untuk memilih”. harapnya.

Selain memilih ketua, Konferwil Sulsel IPPAT ini juga akan memilih 3 orang anggota Majelis Kehormatan. Acara pembukaannya sendiri rencananya akan dihadiri oleh Hapendi Harahap Ketua Umum Pengurus Pusat IPPAT berserta jajarannya, Ketua DPRD Provinsi Sulsel dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian ATR/BPN Sulsel. (*)

Pemkot Makassar