Usai Lantik Camat Rongkong, Ini Pesan Bupati Luwu Utara

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Menjadi seorang camat, modal utama yang harus dimiliki ialah bagaimana agar bisa berkomunikasi baik dengan masyarakat. Karena camat itu adalah jabatan di kecamatan yang bertanggung jawab langsung ke Bupati, dan itu butuh kemampuan komunikasi yang efektif dan produktif.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menghadiri serah terima jabatan Camat Rongkong, dari yang sebelumnya dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt), Enyon, ke pejabat definitif yang baru, Sofyan Tandi Siolanan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Indah mengucapkan terima kasih kepada pejabat Camat Rongkong lama, Enyon, yang telah menjalankan tugas sebagai Plt meski cuma 14 hari.

Jabatan itu bukan sekedar lama atau cepat, tetapi bagaimana amanah itu dijalankan dengan sebaik-baiknya. Namun berdasarkan laporan yang disampaikan sebelumnya, apa yang telah dilakukan oleh Pak Enyon dalam rentang waktu tersebut bisa dikatakan cukup signifikan. Pemilihan Pak Enyon pun sebagai Plt Camat dilakukan dengan pertimbangan yang mendalam, dan ternyata itu tidak keliru,” bebernya.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini juga mengucapkan selamat kepada Pak Sofyan, sebagai pejabat definif camat Rongkong yang baru. Penunjukan Pak Sofyan juga melalui pertimbangan yang banyak.

Camat itu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Apalagi salah satu tugas dan fungsi utama dari seorang camat ialah fungsi fasilitasi. Nah tentunya dalam memberikan fasilitasi dibutuhkan koordinasi yang efektif dan produktif, baik itu secara horizontal maupun vertikal. Jadi ini memang tidak mudah, sebagai pejabat publik harus bisa berkoordinasi dengan baik. Olehnya, saya berharap skill komunikasi yang sudah baik tadi bisa dilengkapi dengan empati, dan sensitivitas, artinya kepedulian saja belum cukup tapi juga harus mampu melakukan tindak lanjut,” jelas Indah.

Kemudian, masih kata Indah, secara kultural, Camat Rongkong yang baru ini sudah sangat paham dengan kondisi yang ada di kecamatan rongkong.

Jalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, dengan kompetensi yang dimiliki oleh saudara. Saya titip rongkong dengan segala dinamikanya ke tangan saudara. Saudara harus menjadi orang pertama yang tahu setiap ada kejadian di kecamatan rongkong sekaligus menjadi yang pertama berkomunikasi ke pimpinan dan tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan, sebisa mungkin dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, langsung di lapangan,” pungkasnya.

Indah mengingatkan, Kecamatan Rongkong memiliki potensi yang begitu luar biasa, baik itu tenunnya, kondisi geografis, maupun iklimnya.

Saya titip potensi ini untuk terus digali dan di promosikan ke daerah lain,” ujarnya.

Terakhir, tolong vaksinasinya lebih digiatkan lagi, target kita di akhir februari tingkat vaksinasi bisa mencapai 100% untuk dosis pertama, dan minimal 60% untuk dosis keduanya,” pesan Indah.

Turut hadir Ketua DPRD Luwu Utara, Basir, Kapolres Luwu Utara, AKBP Alfina Nurnas, Perwira Penghubung Luwu Utara, Mayor Arm Syafruddin, para kepala perangkat daerah, serta para Camat se-Kabupaten Luwu Utara.

Pemkot Makassar