ACT Hadir dan Beri Solusi Sulitnya air bersih dan Layak di Kepulauan Selayar

Warga Desa Kalaotoa, Kabupaten Selayar kekurangan air bersih karena minimnya sumber mata air.
dprd-makassar

Online24jam, Selayar,- Walau perkampungan warga dikelilingi dengan air yang melimpah, Desa Kalaotoa, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, masih kesulitan air bersih dan layak, kurangnya sumur yang merupakan sumber air bersih satu-satunya menjadi kendala warga yang tinggal di perkampungan ini.

Tidak hanya masalah tersebut, tak sampainya akses dan aliran listrik ke parkampungan Kalaotoa, membuat seluruh aktivitas masyarakat dalam serba keterbatasan termasuk permasalahan air bersih hingga lampu yang padam di saat malam hari.

Kampung yang dihuni oleh 135 KK dengan 452 jiwa ini, sangat membutuhkan mesin genset dengan daya tarik listriknya yang lebih kuat. Tidak hanya itu, kurangnya sumur di kampung ini kadang harus membuat warga mengantri untuk menimba air di sumur hingga membeli air bersih untuk kebutuhan konsumsi di luar perkampungan.

“Kami sangat ingin seperti kampung-kampung lainnya, meski kami hidup di pelosok atau pulau setidaknya kami juga mendapatkan perhatian, kami ingin sekali memiliki listrik sendiri yang bisa bertahan hingga 24 jam, nantinya kami tak menimba air lagi, tapi airnya bisa mengalir langsung ke rumah kami”, curhat warga kampung Desa Kalaotoa.

Berbagai cara telah dilakukan, salah satunya ialah pemanfaatan tenaga listrik dari tata surya. Namun sayang, jika musim hujan datang tenaga tata surya tersebut tidak cukup bertahan lama hingga membuat lampu harus padam. Percobaan kembali dilakukan, warga harus berpatungan untuk membeli alat lainnya yaitu mesin genset. Hingga hari ini alat tersebut masih digunakan meski hanya berfungsi dengan batasan waktu kurang lebih 5 jam saja dalam sehari.

Pemkot Makassar