Mubes IKA Unhas dan Gagasan Suaib Mappasila

dprd-makassar

Online24, Jakarta –  Menjelang pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) tanggal 4-6 Maret 2022, salahsatu kandidat Ketua dari kalangan generasi muda, Mohammad Suaib Mappasila, disebut-sebut intens melakukan komunikasi dengan alumni lintas fakultas dan pengurus IKA wilayah.

Hal tersebut terungkap dalam rapat antara tim kerja/supporting Jakarta dan Makassar yang digelar khusus di café Muja, bilangan Jakarta Selatan, Selasa (15/2/2022). Pertemuan yang dikemas “sersan” (serius tapi santai) itu menghasilkan sejumlah poin produksi berupa ide dan gagasan yang bakal diusung oleh Suaib dalam agenda visi-misi dan program kerja bila dirinya diberikan amanah dan kepercayaan oleh para pengurus IKA pemilik hak suara dalam Mubes nanti.

“Kita tidak mau terjebak diskusi teknis dan transaksional. Tapi lebih fokus pada gagasan program yang bakal diemban Suaib terhadap IKA Unhas kedepan. Karena itu bila perlu para kandidat dibuatkan forum debat calon,” ujar Nuriksan Nurdin, Ketua Tim Makassar untuk pemenangan Suaib Mappasila sembari menunjukkan smarphonenya yang berisi foto-foto dan kegiatan komunikasi yang telah dijalin dengan alumni lintas fakultas.

Terkait hal tersebut, Suaib Mappasila, alumni yang juga mantan Ketua Senat Mahasiswa FE Unhas periode 1995/1996, mengungkapkan ada tiga program yang menjadi perhatiannya.

“Yang pertama, kita harus membenahi database alumni Unhas sehingga sebagian besar lulusan Unhas bisa terdata secara digital. Mungkin tidak bisa mengcover semua alumni sejak Unhas berdiri tapi kita sepakati mulai dari tahun kelulusan tertentu hingga data alumni yang terakhir,” katanya.

“Lalu kedua, sekretariat IKA Unhas. Kita menargetkan peletakan batu pertama sekretariat IKA Unhas di lokasi IKN Nusantara. Sambil menunggu bangunan fisiknya selesai,yah…kita menggunakan dulu sekretariat sementara di Makassar atau Jakarta. Atau bahkan kita juga menyiapkan office virtual untuk urusan kesekratriatan,” lanjutnya.

Yang ketiga yang digagas Suaib adalah manajemen tata kelola alumni secara modern. “Karena itu kalau perlu kita studi banding ke universitas mana di dunia ini yang terbaik dalam manajemen pengelolaan alumninya,” tegas Suaib tersenyum penuh optimistis.

Pemkot Makassar