Segera Beroperasi, Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung Pertama di Indonesia Timur

Regional2 Views
banner 468x60

Online24jam, Makassar, – PT Pertamina (Persero) sebagai leading sector BUMN di dunia kesehatan melalui Pertamedika Indonesian Health Corporation (IHC) dalam waktu dekat akan menghadirkan layanan kesehatan baru untuk masyarakat Indonesia Timur yang fokus kepada penanganan otak dan jantung dengan segera akan diresmikannya Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung (RSKOJ) Pertamina Royal Biringkanaya.

Rumah Sakit yang berlokasi di Jalan Pajaiyang, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar ini hadir dengan berbagai fasilitas yang mutakhir untuk menjangkau pelayanan masyarakat di bidang kesehatan khususnya untuk melayani penyakit otak dan jantung.

Rumah Sakit ini akan beroperasi di bawah pengelolaan PT Pertamedika IHC, Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero), yang merupakan Holding RS BUMN Indonesia. Rumah Sakit ini dilengkapi dengan Centre of Excellent / layanan unggulan sesuai dengan standar nasional dan disiapkan untuk menjadi pusat rujukan kesehatan otak dan jantung di Indonesia Bagian Timur. Fasilitas layanan yang dimiliki meliputi IGD, Ruang Radiologi CT Scan, MRI, Rontgen, Panoramic, USG, Cathlab Neuro dan Jantung, Laboratorium, Hemodialisa, Rehab Medik, Poli, Farmasi, Ruang Rawat regular dan anak, mulai dari Kelas 3, Kelas 2, Kelas 1, VIP dan VVIP, Ruang ICU, PICU, NICU, Ruang Operasi, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Hari ini, Sekretaris Menteri BUMN RI, Susyanto melakukan lawatan kerja di RS Pertamina Royal Biringkanaya Makassar. Lawatan kerja dilakukan dalam rangka meninjau progress pembangunan Rumah Sakit Khusus Jantung Otak milik PT Pertamina (Persero) yang didirikan diatas lahan seluas 5.705 meter persegi dan luas bangunan 11.389 meter persegi.

Dalam lawatannya tersebut, Sesmen BUMN didampingi oleh , Deputy Bidang Industri Kesehatan Aditya Dhanwantara, SVP Upstream & Portofolio Co Business Development & Portofolio Pertamina Edy Karyanto dan Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Agus Dwi Jatmoko.

Saat ini progress pengerjaan rumah sakit ini sudah mencapai 93%. Dalam sambutannya Susyanto mengatakan bahwa pembangunan RS Pertamina Royal Biringkanaya merupakan salah satu wujud Komitmen Pemerintah dalam hal ini KBUMN, Bersama Pertamina & Pertamedika IHC untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Indonesia Timur khususnya Sulawesi. “Rumah Sakit ini kami siapkan untuk menjadi _center of service_ di wilayah Timur Indonesia dengan didukung oleh berbagai inovasi terkini dan penggunaan teknologi terbaru yang akan memberikan banyak kemudahan. Fasilitas kesehatan yang dikhususkan untuk otak dan jantung sangat penting untuk bisa dirasakan masyarakat. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak baik masyarakat maupun stakeholder yang telah memberikan dukungan,” ujarnya.

Sementara itu Edy Karyanto SVP Upstream & Portofolio Co. Business Development & Portofolio Pertamina, menegaskan bahwa RS Pertamina Khusus Jantung dan Otak ini merupakan langkah nyata upaya Pertamina untuk dapat menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan berstandar tinggi, terutama untuk wilayah Indonesia Timur. “Apalagi di masa Pandemi yang belum usai ini, dimana kesehatan menjadi salah satu factor penting untuk pemulihan roda perekonomian masyarakat, dan untuk mencapai hal itu, kuncinya gerak cepat dan kolaborasi,” demikian tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *